Rabu, 26 September 2018

Elektabilitas Survei Capai 88 Persen, Sumendap Otpimis Tumbangkan Kolom Kosong

manadoterkini.com, RATAHAN – Berdasarkan hasil survey Populi Centre, elektabilitas pasangan calon tunggal Bupati James Sumendap SH dan calon Wakil Bupati Joke Legi (JS-Oke) mencapai 88 persen. Pelak saja, JS merasa optimis bisa menumbangkan kolom kosong tersebut.

manado

Foto Istimewa

“Sampai awal Juni ini, dari data hasil survei Populi Centre pasangan JS-Oke itu berada di angka 88 persen. Ini data survei bukan dibuat-buat,” kata Calon Bupati James Sumendap, Kamis (7/6/2018).

Sedangkan elektebilitas kolom kosong yang akan menjadi lawan JS-Oke berada di angka 10,3 persen dan yang belum menentukan pilihannya 1,7 persen.

Lebih lanjut, dibandingkan pada survei yang sama pada Bulan Oktober 2017, elektabilitas khusus untuk calon bupati mengalami peningkatan dari 73,5 persen menjadi 86,5 persen dan kolom kosong hanya mendapatkan 8,3 persen

“Jadi dengan hasil ini sudah menggambarkan kondisi di lapangan. Kami yakin untuk hasilnya memenangkan Pilkada Minahasa Tenggara,” ujarnya.

Pada hasil survei untuk akseptabilitas atau penerima masyarakat, JS mampu unggul mencapai 89 persen sedangkan tidak menerima 8,5 persen, sedangkan yang tidak tahu 1,7 persen “Sayang yang tidak mau mendukung kami, tidak mempunyai alasan kenapa tidak memberikan dukungannya,” katanya.

manado

Untuk survei popularitas terkait pertanyaan apa yang diingat dari nama James Sumendap, 36 persen responden mengenal sebagai bupatinya, merakyat 14,7 persen, baik 9,4 persen, tegas 8,5 persen, dan ramah 5 persen. “Ini data 30 Mei sampai 3 Juni 2018 kepada 600 responden, publik opinion dan publik result, dengan margin error 4 persen,” tandasnya.

Sementara itu, sejumlah partai yang mendukung pasangan JS-Oke mengaku optimis jika hasil Pilkada ada 27 Juni mendatang, bakal sama dengan survei yang telah dilakukan. “Kami optimistis presentasi akan sama dengan hasil pemilihan mendatang. Makanya kami Partai Hanura sudah sangat tepat mendukung pasangan ini karena diterima oleh seluruh rakyat Minahasa Tenggara,” kata Ketua Hanura Mitra Lily Raco didampingi Jacksen Mokat.

Sementara itu Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Mitra Semuel Montolalu mengaku, sejak awal pasangan calon tersebut sudah mempunyai elektabilitas di masyarakat.

“Sejak awal kami mendukung pasangan ini, yang merupakan kader partai mempunyai elektabilitas yang tidak diragukan, maka pantas menjadi calon tunggal di Pilkada Minahasa Tenggara,” tutur Montolalu.

Diketahui pasangan JS-Oke sendiri di Pikada Mitra 2018 didukung mayoritas kursi di DPRD yakni 25 kursi.(*/jay)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*