Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Edukasi dan Religi

Universitas Politeknik Negeri Manado Jurusan Teknik Mesin Gelar Penerapan Teknologi Pengelasan

×

Universitas Politeknik Negeri Manado Jurusan Teknik Mesin Gelar Penerapan Teknologi Pengelasan

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Politeknik Negeri Manado melalui Jurusan Teknik Mesin menggelar Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yakni tentang Penerapan Teknolagi Pengelasan dilaksanakan Sabtu (9/6/2018) di SMK Negeri I Mubune Kecamatan Likupang Barat Minahasa Utara.

Ketua Pengusul Franklin Bawano, ST, MT yang juga selaku Sekretaris Jurusan Teknik Mesin dan Silvy Boedi, ST, MT, dan rombongan disambut langsung Kepala Sekolah SMK Negeri I Mubune, Drs.Jefferson F.Kaempe, MM bersama Para Guru dan Murid.

Kegiatan diawali dengan teori yang dijelaskan langsung oleh Sekretaris Jurusan Teknik Mesin Franklin Bawano dan langsung dengan Praktik Kerja Teknik Pengelasan.

Menurut Franklin Bawano menjelaskan, Salah satu program yang ada di Politeknik Negeri Manado adalah Program Kemitraan Masyarakat (PKM), dimana PKM bisa diterapkan beberapa teknologi seperti saat ini ada program teknologi mesin pengelasan.

“Kami ingin murid-murid yang ada di sini bisa belajar tentang teknologi pengelasan agar mereka lebih mengetahui teknologi ini dan mampu menggunakan hal-hal yang positif, sehingga bisa mengaplikasikan teori maupun praktik yang mereka dapatkan kepada masyarakat, karena Saya melihat didaerah ini kami telah survei ternyata masih banyak anak-anak yang masih kurang memahami tentang pengelasan.Dengan adanya program ini sudah pasti mereka akan tersentuh dan memahami dan mereka mampu mepraktekan kepada masyarakat” jelas Bawano lulusan ITB Bandung ini.

Ia mengatakan, Kegiatan ini juga terjadi simbiosis mutualisme dimana seorang dosen dibutuhkan 3 unsur bagian dari Tri Dharma yaitu, Pengajaran, Penelitian, Pengabdian.

“Saat ini Saya melaksanakan bentuk Pengabdian kepada masyarakat.Setiap Dosen harus memenuhi ke 3 unsur tersebut” tandas Bawano.

Sementara itu Drs.Jefferson F.Kaempe, MM selaku Kepala Sekolah SMKN I Mubune mengatakan, Kami dari pihak sekolah mengapresiasi kepada pihak Politeknik Negeri Manado.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Politeknik Negeri Manado khususnya Jurusan Teknik Mesin yang mau bekerja sama dengan kami, karena semua ini untuk peningkatan kualitas anak didik kita khususnya program teknologi mesin pengelasan, karena program teknik pengelasan ada kaitanya dengan program keahlian teknik kendaraan ringan yang ada. Karena itu program seperti ini kami sangat membutuhkan jamahan dari pihak Politeknik Negeri Manado, dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang ada di sekolah kami” ucap Kaempe.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan alat Perlengapan beserta dengan komponen-komponen pendukung kepada pihak sekolah yang diterima langsung oleh Kepala Sekolah SMKN I Mubune.
(angky)