Rabu, 17 Oktober 2018

Wisatawan Masuk Sulut Capai 300 Ribu Orang

 

manadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) merilis ada sebanyak 300 ribu orang wisatawan masuk Sulut dalam dua tahun terakhir.

Hal itu disampaikan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Selasa (10/7/2018) saat menemui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di Kantor Kemenko Maritim Jakarta sebagaimana dikutip Kabag Humas Sulut Christian Irot, SSTP.

Oleh karena itu, Olly berharap dukungan pemerintah pusat guna pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata seperti jalan, bandara, serta pelabuhan dapat cepat terealisasi.

“Kita menawarkan kenyamanan bagi wisatawan yang datang ke Sulut. Jika mereka nyaman tentunya mereka akan balik lagi. Ekonomi masyarakat akan terus berputar dan bisa saja karena mereka merasa senang lalu berinvestasi. Sulut punya modal sumber daya alam serta modal sosial yang kuat,” papar Olly.

Diketahui, kunjungan wisatawan asing ke Sulut selama 2 tahun terakhir mencapai hampir 300 ribu orang. 70 persen diantaranya didominasi oleh wisatawan China (Juli – Desember 2016, 42 ribu turis asing. 2017 150 ribu turis. 2018 sampai Juni 60 ribu orang).

Berkembangnya sektor pariwisata berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi Sulut. Terbukti, perekonomian Sulut tahun 2017 tumbuh sebesar 6,32%, meningkat sebesar 0,15% dibandingkan tahun 2016 yang berada pada poin 6,17%. (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*