Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Pemilihan Abdi Yasa Teladan Pemkot Manado 2018

×

Pemilihan Abdi Yasa Teladan Pemkot Manado 2018

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Sebagai wujud kepedulian dalam  ikut berperan serta aktif dalam rangka menurunkan angka kecelakaan di jalan serta meningkatkan keselamatan jalan, Pemerintah Kota ( Pemkot) Manado melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Manado kembali menggelar Pemilihan Awak Kenderaan Umum Teladan (AKUT) atau Abdi Yasa Teladan Tingkat Kota Manado tahun 2018 di JLE’S Hotel, Rabu (11/72018).

Pemilihan AKUT ini merupakan program rutin tahunan Dishub Kota Manado sebagai wujud perhatian dan pembinaan kepada awak kendaraan angkutan umum selaku penyelenggara transportasi yang memiliki peranan penting dalam peningkatan keselamatan transportasi jalan di Kota Manado.

Ada sekitar puluhan peserta yang merupakan perwakilan dari perusahaan angkutan umum seperti angkutan kota, taksi, angkutan kota dalam provinsi (AKDP), angkutan kota antar provinsi (AKAP) yang berdomisili di Kota Manado akan diseleksi untuk mendapatkan Abdi Yasa Teladan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Manado M Sofyan AP,. MSi  yang hadir membuka seleksi itu, sangat mendukung penuh digelarnya Pemilihan AKUT tersebut. Dikatakannya, permasalahan di sektor transportasi mencakup banyak faktor diantaranya faktor manusia, kendaraan serta kondisi jalan. Namun faktor manusia (human error) dianggap paling banyak berkontribusi dalam suatu kejadian kecelakaan.sulut

Lebih lanjut M Sofyan menuturkan, atas dasar itulah, pengemudi, khususnya pengemudi angkutan umum diharapkan mempunyai kompetensi yang memadai. “Tidak hanya memilih pengetahuan yang luas dan ketrampilan mengemudi yang handal tetapi supir juga harus memiliki perilaku yang baik saat mengemudikan kenderaan di jalan raya,” katanya.

Menyikapi pengembangan sikap dan perilaku yang baik dalam berkendara guna meningkatkan keselamatan jalan, M Sofyan mengingatkan, perlu usaha yang sungguh-sungguh baik dari individu maupun faktor dari luar individu. Mengacu faktor inilah sambung Kadishub, makanya Pemkot Manado menyelenggarakan Pemilihan Abdi Yasa Teladan Tingkat kota Medan 2018.

“Kegiatan yang kita lakukan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada awak kenderaan angkutan umum atas prestasinya di bidang transportasi jalan sebagai wujud kepedulian Pemkot Manado akan pentingnya peran awak kenderaan umum untuk ikut membangun perwujudan keselamatan lalu-lintas jalan,” ungkapnya.

Diingatkannya, angkutan umum merupakan salah satu wajah kota yang berkembang. Oleh karenanya perilaku disiplin dan keamanan pengemudi angkutan serta keselamatan lalu lintas di jalan sangat mendukung terciptanya transportasi yang baik bagi masyarakat Kota Manado. Itu sebabnya ia menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada sleuruh pengusaha angkutan umum yang telah mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti seleksi Pmeilihan Andi Yasa Teladan 2018.

Sejumlah narasumber yang ikut memberikan materi diantaranya Kepala Dinas Provinsi Sulut bersama Pihak Satlantas Polresta Manado bersama Dishub Kota Manado. (angky)