Kamis, 15 November 2018

Steven Kandouw Pimpin Simulasi Bencana Gempa dan Kebakaran

manadomanadoterkini.com, MANADO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sulut serta pihak terkait seperti BMKG, Basarnas, PMI mengadakan simulasi bencana gempa bumi dan kebakaran di Kantor Gubernur Sulut, Jumat (10/8/2018).

Simulasi yang dipimpin langsung Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dimulai sekitar pukul 10.00 WIB. Simulasi diawali dengan bunyi sirine terjadinya gempa bumi dibarengi kebakaran di ruang Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut dan Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Sulut.

Kandouw mengatakan simulasi ini perlu diadakan untuk pelatihan sebagaimana arahan dari Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Namun ia melihat kecekatan yang dilakukan ASN belum mencapai taraf maksimal.sulut

“Hal ini untuk melanjutkan arahan pak Gubernur, mempersiapkan infrastruktur penanggulangan bencana kita (Sulut), tidak ada jalan lain dengan latihan, ini (simulasi bencana gempa dan kebakaran) adalah wujud latihan,” kata Steven Kandouw.

Dia juga menambahkan latihan ini untuk mempersiapkan seluruh stakeholder Pemda, BPBD, Satpol PP, Basarnas, PMI, Rumah Sakit dan BMKG.

“Bagusnya latihan yang holistik, tapi kali ini kita mulai dengan parsial-parsial, nantinya latihan holistik bersama akan melibatkan seluruh komponen masyarakat termasuk TNI/Polri, nanti secepatnya kita akan adakan,” terang Kandouw.

Meski mengakui banyak peralatan penanggulangan bencana yang belum lengkap namun secara kualitas dan kuantitas pihaknya akan terus dibenahi. (Rizath)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*