Rabu, 14 November 2018

Pemprov Sulut Sukses Gelar Upacara HUT Ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI

 HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 Tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dirayakan Pemprov Sulut dengan menggelar Upacara Bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan pada Jumat (17/8/2018) pagi.

HUT RI di Sulut

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara yang digelar di Lapangan Wolter Monginsidi Sario Manado. Dihadiri Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS.

sulut

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menyerahkan bendera merah putih kepada anggota Paskibra Sulut Aiko Assa sebagai pembawa baki di HUT RI ke 73 di KONI Sario

Upacara yang dikomandani Letkol Inf Kusnandar Hidayat tersebut terdiri dari 1 Kompi gabungan Pamen dan Pama, 4 Batalyon Upacara dan 1 Kompi Gabungan Mahasiswa dan Pelajar.

PhotoGrid_1534550865411

Pada upacara yang berjalan khidmat itu, Ketua DPRD Provinsi Sulut Andrei Angouw membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI, dan pengibaran bendera dilakukan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari 30 siswa SMA berprestasi di 15 Kabupaten dan Kota se-Sulut. Bertindak sebagai Danpok 17 Delvebert Ompi, Danpok 8 Versen Deeng, pembawa baki bendera Aiko Assa, pembentang bendera Johan Waas, dan pengerek bendera Jilbert Damopoli.

HUT RI di Sulut

Usai upacara penaikan bendera merah putih di Lapangan KONI Sario, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandouw didampingi Ketua dan Waket TP-PKK serta para pejabat Pemprov Sulut melakukan foto bersama para undangan serta Forkopimda Sulut

Di akhir upacara yang turut diikuti jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Lombok, para Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sulut, pejabat teras di Lingkup Pemprov Sulut, Anggota Legiun Veteran, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kalangan siswa, dilanjutkan dengan mendengarkan lagu-lagu perjuangan dari ratusan pelajar SMK Negeri 1 Manado.

HUT RI di Sulut

Paskibra menyerahkan bendera merah putih kepada Gubernur Sulut setelah dikibarkan pada HUT RI ke 73

Selanjutnya, Gubernur Olly dan Wagub Kandouw beserta seluruh unsur Forkopimda melakukan pertemuan silahturahmi dengan ratusan Legiun Veteran RI Sulawesi Utara di gedung lama kantor DPRD Sulut, Sario Manado.

HUT RI di Sulut

Usai upacara penurunan bendera para Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Sulut foto bersama Gubernur Olly Dondokambey, Wagub Steven Kandouw serta Forkopimda Sulut

Setelah sukses melaksanakan Upacara Detik-Detik Proklamasi pada pagi hari, Pemprov Sulut kembali  menggelar Upacara  Penurunan Bendera dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 pada Jumat (17/8/2018) petang di Lapangan Wolter Monginsidi, Sario Manado.

HUT RI di Sulut

Pejabat Pemprov Sulut foto bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw usai upacara penurunan bendera di lapangan KONI Sario

Tepat pukul 17.30 WITA Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengambil tempat sebagai Inspektur Upacara (Irup) sedangkan bertindak selaku komandan upacara adalah Letkol Laut Nur Subagio.

sulut

Usai tos kenegaraan dilanjutkan dengan pesta rakyat

Di awali dengan serenade lagu Berkibarlah Benderaku, Bangun Pemuda Pemudi, dan Syukur yang dibawakan dengan apik oleh para pelajar SMA Rex Mundi, Manado,  upacara dilanjutkan dengan penurunan bendera oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Bertindak sebagai pembawa baki Jeane Hehakaya dan pengibar bendera Septian Bansuan, Ricky Pangaila serta Swingly Pelealu.

HUT RI di Sulut

Upacara penurunan bendera HUT RI kali ini turut diikuti Wakil Gubernur Steven Kandouw, Ketua TP-PKK Sulut Ir. Rita Dondokambey-Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK Sulut dr. Kartika Devi Kandouw-Tanos, MARS, jajaran Forkopimda Sulut, Sekdaprov Sulut Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Lombok, Ketua DPRD Sulut beserta jajaran,pejabat teras serta ASN dan THL di Lingkup Pemprov Sulut, TNI-Polri, tokoh agama, tokoh masyarakat serta kelompok kesenian Sulawesi Utara.(*/Rizath)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*