Minggu, 18 Agustus 2019

Sulut Jadi Tuan Rumah Rakornas Asosiasi Dinas Pengelola ESDM

silangenmanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mendapat kepercayaan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengelar Rapat Koordinasi Nasional Asosiasi Dinas Pengelola ESDM.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey melalui Sekda Prov. Sulut Edwin Silangen Kamis (23/8/2018) dalam rilis Humas Pemprov Sulut mengapresiasi Kementerian ESDM yang telah memilih Sulut sebagai tempat penyelenggaraan Rakornas.

“Saya ucapkan terima kasih kepada segenap jajaran Kementerian ESDM serta Asosisasi Dinas Pengelola ESDM Provinsi se Indonesia yang telah yang telah memilih Sulut sebagai tempat pelaksanaan agenda nasional yang sangat strategis ini. Kiranya keramahtamahan dan keindahan panorama alam Sulut, akan turut memberikan kesan dan warna tersendiri selama pelaksanaan kegiatan di daerah ini,” ujar Silangen.

Silangen pada Rakornas tersebut juga memaparkan potensi ESDM Sulut yang telah secara optimal mendorong upaya pengelolaan disektor ESDM.

“Upaya itu dilakukan dengan cara menemukan potensi energi baru yang terbarukan sebagai sumber investasi daerah, menjamin ketersediaan energi listrik dan BBM bagi daerah yang membutuhkan (desa belum memiliki listrik, pulau kecil terpencil dan daerah perbatasan), serta upaya pembangunan sarana dan prasarana sektor ESDM yang memadai, berdaya guna dan berhasil guna sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku,” kata Silangen.

Silangen menambahkan optimalnya pengelolaan sektor ESDM di Sulut juga didukung dengan kondisi Sulut yang termasuk dalam wilayah yang memiliki sumber daya mineral yang besar dan tersebar dikawasan peruntukan pertambangan mineral logam, mineral bukan logam dan batuan, pertambangan minyak dan gas, serta kawasan panas bumi.

“Demikian halnya dengan sumber daya tanah, sumber daya air dan sumber daya energi terbarukan, jika dikelola dengan baik dan benar akan mendatangkan investor serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor ESDM,” ungkap Silangen. (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*