Kamis, 18 Oktober 2018

Pelaku Kriminal di Minsel Didominasi Kasus Penganiayaan

manadoterkini.com, AMURANG-Kasus kriminalitas di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) kurun waktu enam bulan atau Januari – Juni terakhir didominasi kadus penganiayaan.

Hal tersebut dibenarkan Kapolres Minsel AKBP FX Winardi Prabowo. Menurutnya, masyarakat punya andil besar dalam menciptakan stabilitas keamanan. Karena keamanan adalah milik bersama dan hal tersebut tidak akan tercipta jika masyarakat tidak mempunyai kesadaran dan kecintaan terhadap keamanan itu sendiri.

“Kami mengajak semua lapisan masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di mana pun kita pergi dan berada,” harapnya.

Sementara itu Kasat Reskrim AKP Arie Prakoso mengatakan, para pelaku kejahatan didominasi oleh anak muda dari remaja hingga pemuda dan rata-rata dari mereka sudah tidak bersekolah lagi. “Biasanya para pelaku juga merupakan korban di rumahnya. Dikarenakan orang tua yang sudah berpisah sehingga mengakibatkan kurangnya perhatian bagi anak-anak itu sendiri,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk waktu rawan terjadinya kasus kriminal, baik penganiayaan tidak bisa dipastikan.

“Sudah banyak tersangka yang kami tahan, apalagi tersangka kasus pencurian tapi yang diherankan para pelakunya tidak pernah habis,” ucapnya.

Tambahnya, karena mengingat sebagian besar dari pelaku kriminal adalah anak muda. Maka pihaknya sangat memohon kerja sama dari keluarga terlebih orang tua yang tentunya punya andil besar dalam mendidik anak mereka sendiri.

“Orang tua harus mampu mendidik anak. Harus mengetahui setiap pergaulan anak. Jika sudah jam malam seharusnya anak-anak sudah harus dicari. Jangan nanti sudah di kantor polisi baru datang dan berkata anaknya adalah anak yang baik. Itu sering kami dapati,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*