Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Demi Lingkungan, Olly Dondokambey Cabut 42 Izin Tambang

×

Demi Lingkungan, Olly Dondokambey Cabut 42 Izin Tambang

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Olly Dondokambey, SE menyatakan pihaknya telah berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam Sulut dengan tidak menerapkan izin tambang.

“Kami sudah menutup 42 tambang supaya pelestarian alam lebih baik,” beber Olly didepan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya pada peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih, Kota Bitung, Kamis (30/8/2018).

42 ijin tambang yang dicabut menurut Olly berupa Kontrak Karya (KK) maupun Izin Usaha Pertambangan (IUP) di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil yang luasnya dibawah 2.000 meter persegi, serta pencabutan IUP.

Lanjut Olly, dicabutnya puluhan izin tambang itu berdampak positif pada eksistensi kawasan konservasi serta keanekaragaman hayati yang ada di Sulut karena telah memberikan berbagai manfaat antara lain, ekosistem pendukung jasa lingkungan air dan pariwisata.

Salah satu contoh nyata dari manfaat tersebut adalah berkembang pesatnya sektor pariwisata Sulut yang sangat mengandalkan segala potensi keindahan alam serta keanekaragaman hayatinya.

“Kami juga sedang membangun ekowisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu leading sector pembangunan di Sulut. Selama tiga tahun terakhir, terjadi peningkatan yang signifikan terkait jumlah kunjungan wisatawan ke Sulut,” ungkap Olly. (*/Rizath)