Kamis, 14 November 2019

Kumpulkan 11 Camat, 87 Lurah Dan 504 Pala, Wawali Mor Perkenalkan ‘Panada’

manadomanadoterkini.com, MANADO — Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelayanan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado terus melakukan terobosan dan inovasi Cerdas. Salah satunya dengan membangun aplikasi PANADA atau Portal Analisis Data yang berbasis peta. Untuk memperkenalkan aplikasi tersebut kepada aparatur pemerintah di jajaran Pemkot Manado, Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE mewakili Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA mengumpulkan 11 camat, 87 Lurah, dan 504 Kepala lingkungan di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, dalam acara Perancangan dan Pengembangan Bigdata Kota Manado, Kamis (23/08) pagi tadi.

Dalam sambutannya, Walikota Vicky Lumentut melalui Wawali Mor mengatakan kehadiran aplikasi PANADA sesuai visi dan misi pemerintahan Kota Manado Periode 2016-2021 yakni menjadikan Manado sebagai Kota Cerdas. “Untuk mempermudah pekerjaan pelayanan publik di Kota Manado, kami ciptakan Inovasi berupa aplikasi PANADA. Dimana, aplikasi ini sesuai dengan visi dan misi Kota Manado yaitu kota yang Cerdas,” ujar Wawali Mor.

Olehnya, sebagai aparatur pemerintah di Kota Manado, Camat, Lurah dan Kepala Lingkungan harus mampu beradaptasi dengan teknologi dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat secara transparan. “Kalian harus beradaptasi dengan teknologi, tidak boleh terlepas. Karena segala sesuatu dalam bentuk aplikasi yang digunakan dapat membantu pelayanan publik, dan teknologi mempunyai konsekuensi yaitu transparan. Apa yang dilakukan oleh Pemerintah dapat dilihat oleh masyarakat, tidak boleh ada pekerjaan fiktif, Ada perencanaan dari awal jangan hanya Tiba saat Tiba akal,” tandas Wawali Mor

Dikatakan, melalui aplikasi PANADA, pelayanan publik lebih terjangkau dengan sistem online. Seperti studio jaringan “Bigdata” dimana pengumpulan semua data di Kota Manado dilakukan secara elektronik. Wawali Mor berharap, para Kepala Lingkungan dapat mengumpulkan data sebanyak-banyaknya dari masyarakat, sekaligus memberikan penjelasan kepada masyarakat apa yang dikerjakan Pemkot Manado dalam pelayanan publik.

“Kepala Lingkungan silahkan turun lapangan, identifikasi satu per satu data rumah per rumah di Kota Manado. Saya ajak bersama kerjasama mengumpulkan data sesuai format pengisian profil kepada masyarakat, yang akan dikumpulkan di Kelurahan kemudian di input lewat smartphone ataupun computer,” tukas Wawali Mor. Dirinya juga mengingatkan menghadapi iven Manado Fiesta 2018, peran Pala sangat penting dalam menciptakan lingkungannya aman, bersih dan indah. “Saya ingatkan iven Manado Fiesta tinggal menghitung hari, para Kepala Lingkungan mari bekerjasama mensukseskan acara tersebut, mulai dari keamanan, kebersihan, keindahan agar dijaga. Diatur pola buang sampah yang baik kepada masyarakat,” pungkas Wawali Mor.

Dalam kesempatan itu, Wawali Mor sempat menanyakan kepada para Kepala Lingkungan tentang Komitmen 953 yakni, 9 Paham, 5 Siap dan 3 Semangat dengan hadiah Smartphone gratis.(*/mlz)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*