Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Program Gertam Sukses, Lomban Panen Cabai

×

Program Gertam Sukses, Lomban Panen Cabai

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, BITUNG – Program Gemar Tanam (Gertam) Cabai Pemerintah Kota Bitung sukses dilakukan. Keberhasilan itu ditandai dengan dilakukannya panen Cabai oleh Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban didampingi Ketua TP PKK Kota Bitung Khouni Lomban Rawung di lahan pertanian seluas satu hektar, tepatnya di lorong Lumoring, Kecamatan Wangurer, Kota Bitung, Rabu (05/09/2018).

manadoDalam sambutannya Lomban mengatakan, upaya Pemerintah kota Bitung memberi contoh kepada masyarakat untuk gemar menanam cabai sebagai upaya menekan terjadinya inflasi, berhasil dilakukan. Terbukti, lanjut Lomban, hari ini akan dilaksanakan panen Cabai dengan jumlah yang sangat besar sekitar 14 ribu pohon Cabai dengan lima kualitas Cabai unggulan.

“Ini membuktikan lahan/tanah yang ada di Kota Bitung tidak kalah subur dibandingkan dengan lahan yang ada di Kabupaten/kota lainnya yang ada di Sulawesi Utara serta menjadikan Bitung sebagai satu-satunya kota yang memiliki kebun percontohan Cabai di Sulut,” tuturnya

Lomban juga mengingatkan pentingnya penerapan pertanian kota yaitu Hydroponik untuk diterapkan di seluruh jajaran Perangkat Daerah Kota Bitung. “Penerapan ini harus dilakukan ke semua PD termasuk Kecamatan dan Kelurahan bukan hanya di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung saja,” ujar Lomban.

manadoDijelaskannya lagi, Anggaran pembuatan hidroponik tidak terlalu besar, namun hanya dengan waktu tiga minggu bisa langsung panen. “Coba semua jajaran terapkan ini, kalau kita mulai sekarang, pada tanggal 7 Oktober nanti bertepatan dengan ucapan syukur kota Bitung sudah siap panen sehingga bisa dilihat oleh para tamu yang datang dari luar kota Bitung dan menginspirasi mereka untuk melakukan hal tersebut,” jelasnya

Kedepan, Lomban berharap Pemerintah Kota Bitung lewat Dinas terkait akan mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat kota Bitung khususnya para petani agar dibekali dengan pengetahuan tentang cara menanam yang baik dan benar sehingga memperoleh hasil yang maksimal dalam rangka menunjang pertumbuhan ekonomi kota Bitung leweat bidang pertanian.

Dalam kesempatan itu, Lomban juga menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dari Kementrian Pertanian RI kepada tenaga penyuluh dan petani kota Bitung yang diwakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan pertanian Kota Bitung Sony Wenas, turut disaksikan para pejabat lingkup Pemerintah Kota Bitung, tokoh masyarakat dan instansi terkait lainnya. (Refly)