Senin, 17 Desember 2018

Pemprov Luncurkan Varietas Kelapa ODSK Lobu

manadomanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bekerja sama dengan Balitka akan meluncurkan varietas baru kelapa unggulan bernama ODSK Lobu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sulut Rafly Ngantung usai menghadiri Forum Academics, Business, Government, Community And Media (ABGC+M) dalam rangngka penguatan jaringan penelitian di Sulawesi Utara dengan tema “Sulut sebagai klaster kelapa nasional” di Ibis hotel Manado, Senin, (10/9/2018).

“Varietas kelapa ini satu-satunya dimiliki pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan dan diproduksi lembaga penelitian dan diproduksi langsung pada kepemimpinan pak gubernur (Olly Dondokambey) namanya kelapa ODSK Lobu dan akan menyusul lagi varietas kelapa ODSK Aplak dan ini akan disidangkan pada Bulan Oktober dan pada tanggal 20 November akan ditanam di suatu daerah,” ujar Ngantung.

Menurut dia alasan pemberian nama tersebut berkaitan dengan program Operasi Daerah Suka Kelapa yang diterapkan Dimas Perkebunan sementara untuk Lobu sendiri diambil dari nama Desa Lobu di Minahasa Tenggara yang merupakan varietas lokal.

Sementara untuk keunggulan tanaman kelapa jenis ini menurut Ngantung dikarenakan daging buah kelapa ODSK Lobu ini sangat tebal, ukuran buahnya besar dan jumlah buahnya dalam setahun bisa capai tiga ratus buah serta tahan terhadap hama.

“Namun sepertinyang disampaikan pak gubernur, kita akan benahi dulu produk kita, berkualitas baru kita masuk pada tahap berikutnya, regulasi, industri. Jadi ini jelas sangat sistematis dan empiris. Benahi, memproduksi yang berkualitas baru kita masuk pada industri nantinya akan dilindungi oleh pemerintah melalui kebijakan,” jelas Ngantung.

Sementara menurut dia, daerah yang paling cocok untuk tanaman kelapa di Sulawesi Utara terdapat di Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, dan Daerah Bolaang Monggondow. Sementara untuk Daerah Kepulauan seperti Talaud dan Sangihe. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*