Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitung

Kota Bitung Raih Penghargaan Dari Kemenkeu RI

×

Kota Bitung Raih Penghargaan Dari Kemenkeu RI

Sebarkan artikel ini

manadomanadomanadoterkini.com, BITUNG – Kota Bitung kembali mengukir prestasi, kali ini kota Cakalang (Julukan Kota Bitung) berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan RI dengan meraih opini LKKL/LKPD Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut dari tahun 2013-2017.

Penghargaan ini diberikan langsung Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati didampingi Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu RI Marwanto Harjowiryono kepada Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban dalam acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (20/09/2018).

“Apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi positif terhadap LKPD, sehingga Kota Bitung mampu meraih prestasi ini yang nantinya akan menjadi motivasi tersendiri kedepan untuk menjadi lebih baik lagi dalam hal pengelolaan keuangan daerah,” kata Lomban usai menerima penghargaan.

Terkait pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kota Bitung telah berhasil meraih opini WTP sebanyak tujuh kali berturut-turut terhitung sejak tahun 2011 hingga tahun 2017.

Menurut Lomban, hal itu tidak lepas dari kerja keras semua pihak yang membantu Pemkot Bitung sehingga berhasil menorehkan prestasi sebagai satu-satunya Kota/kabupaten di Sulawesi Utara terbanyak meraih penghargaan tersebut sekaligus menjadikan Bitung sebagai satu-satunya kota/kabupaten di Sulawesi Utara yang meraih penghargaan ini.

“Terima kasih juga kepada BPK RI perwakilan Sulawesi Utara yang terus membantu Pemkot Bitung dengan memberikan pelatihan tentang tata kelola keuangan yang baik,” ujar Lomban yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Albert Sarese dan Sekertaris BPKAD kota Bitung Riano Senduk.

Lomban juga mengatakan LKPD Kota Bitung sudah disesuaikan dengan prosedur standar akutansi berbasis akrual dimana pemeriksaan dilakukan pada Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK) Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

Seperti diketahui untuk kategori kota, Bitung menjadi satu-satunya kota di Sulawesi yang menerima penghargaan ini, sementara penghargaan yang sama juga diberikan kepada Kabupaten/kota lainnya antara lain Batam, Banjarmasin, Banjar dan beberapa daerah lainnya. (Refly)