Rabu, 14 November 2018

Soni Sumarsono Pastikan Edison Humiang Gugur Jadi Penjabat Bupati Bolmut

mdomanadoterkini.com, SULUT - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr Soni Sumarsono memastikan bahwa Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asisten I) Setda Provinsi Sulut Drs Edison Humiang, M.Si batal menjadi Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara.

Kepastian itu disampaikan Soni Sumarsono kepada Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS) di kompleks Megamas Manado, Minggu (23/9/2018).

“Tidak ada lagi ada penjabat (Bupati Bolmut), seluruh SK sudah kita turunkan, sudah kita selesaikan dan hari ini kita bawa semuanya. Jadi tidak ada penjabat-penjabat, semua (bupati/wali kota terpilih) dilantik tanggal 25, tidak terkecuali Bolmut,” tegas Sumarsono.

Meski Sumarsono membenarkan ada dua pejabat yang diusulkan Pemprov Sulut menjadi Penjabat Bupati Bolmut dimana salah satunya adalah Edison Humiang, namun diapun memastikan untuk Penjabat Bupati Bolmut digugurkan untuk mempercepat pelantikan bupati dan wakil bupati Bolmut definitif yakni Depri Pontoh dan Amin Lasena.

Lanjut Sumarsono batalnya Edison Humiang menjadi Penjabat Bupati Bolmut dikarenakan Presiden Joko Widodo menginginkan adanya percepatan pada pelantikan pejabat daerah di seluruh Indonesia.

“Jadi untuk Sulut tidak ada yang ditinggal, semua dilantik, jadi tugas saya disini mempercepat proses pelantikan, memang kalau mau normal, nanti Desember baru selesai.”

“Ada dua pejabat yang diusulkan, tetapi saya bertanya kenapa ada usulan? karena dia (Pemprov Sulut) berasumsi akan dilantik pada Desember sehingga perlu ada Pejabat (Bupati). Tetapi pak Presiden Jokowi minta semuanya ada perceptan, (pelantikan) gubernurpun dipercepat kemarin, tanggal 5, Bupati dipercepat tanggal 25. Konsekuensinya dua pejabat yag diusulkan walaupun sudah pesan baju putih (baju pelantikan penjabat bupati), yah kita mohon maaflah, Insyaallah ada kesempatan lain,” jelas Sumarsono.

Seperti diketahui, Drs Edison Humiang, M.Si yang kini menjabat Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asisten I) Setda Provinsi Sulut dipercayakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut).

Kepastian itu ditetapkan Pemprov Sulut setelah Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagaimana disampaikan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Dr Jemmy Kumendong kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (18/9/2018) memastikan adanya penetapan pejabat bupati. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*