Kamis, 18 Oktober 2018

Mabes Polri, Polda Metro Jaya Dan JICA Puji POLMAS Polres Minut

manadomanadoterkini.com, AIRMADIDI-Program Polisi Masyarakat (POLMAS) yang dilaksanakan Polres Minahasa Utara (Minut) dibawah komando AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH, mendapatkan pujian dan apresiasi dari Korbinmas Baharkam Polri, Lemdiklat Polri, Polda Metro Jaya dan JICA.

Perwakilan Japan International Cooperation Agency (JICA) AKBP (Jepang) Kudo Atsushi, sebagai tenaga ahli jangka pendek di bidang kepolisian JICA menyampaikan, ada program untuk membantu proses reformasi Polri pada pada awal reformasi masih berlanjut sampai sekarang selama 20 tahun. Dimana beberapa program yang dilaksanakan seperti mengadakan pelatihan pelatihan peningkatan kapasitas kepolisian Indonesia, termasuk yang memberikan pelatihan ke luar negeri.

“Salah satunya Pak Kapolres Minut, yang pernah tugas di Jepang dan belajar di Jepang pada tahun 2008, ini gratis di Indonesia. Ada 18 Polda sebagai percontohan salah satunya adalah Polda Sulawesi Utara dan di Polda ditunjuk Polres Minahasa Utara. Karena Kapolresnya berprestasi menghasilkan kegiatan yang sudah bagus, dan kami juga berharap ini akan ditingkatkan ini Minahasa Utara karena menjadi Polres percontohan. Dengan menitikberatkan perpolisian masyarakat bisa membuat angka kejahatan bisa ditekan itu salah satu hasil dari upaya dari Kapolres yang patut menjadi contoh,” ujar Mr Kudo, melalui penerjemah JICA Aryanto Nugroho, disela-sela kunjungan kerja di Polres Minut, Selasa (25/9/2018).

Sementara itu, Kasubdit Binpolmas Ditbintibmas Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Dr R S Terr Pratiknyo MSi mengapresiasi kinerja Kapolres Minut, dalam upaya menggerakkan masyarakat bisa bekerjasama dengan polisi dalam rangka membangun Kamtibmas, antara lain untuk Pemilu 2019, mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi dalam penyelenggaraan hingga berjalan aman dan damai.

manado“Kegiatan Polmas mandiri oleh Kapolres Minut adalah contoh yang baik, dari paparan Kapolres adalah hal yang luar biasa dimana penyelenggaraannua itu bisa menurunkan angka kriminalitas hampir 50%. Ini luar biasa, itu lah salah satu keberhasilan masyarakat dimana masyarakat turut berperan serta dan berpartisipasi dalam menyelenggarakan Kamtibmas di lingkungan. Sudah menyelenggarakan pencegahan kejahatan, di masa depan itu polisi harus mampu mencegah kejahatan, bukan hanya polisi yang mampu mengungkap kejahatan saja. Untuk itu Polres Minahasa Utara ini bisa menjadi Pilot Project, yang kemudian nanti pelaksanaan pelatihan-pelatihan dapat langsung dilakukan disini,” tegas Pratiknyo.

Ditambahkan Dir Binmas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo SIK MTCP, suksesnya program bisa dilihat dari Kapolresnya. Karena bagaimanapun program ini bisa berjalan tentu harus ada gaya dorong dan daya ungkit dari sikapnya.

“Kalau Kapolresnya cerdas dan inovatif, tentu bisa berjalan dengan baik. Dan dari apa yang kami lihat serta dengar dari paparan, ini sangat baik dan bisa menjadi pilot project bagi polres lainnya,” kata Sambodo.

Adapun terobosan brilian Polres Minut, yang sukses mencuri perhatian Mabes Polri, adalah program Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta adanya Wale Babinkamtibmas di Desa Tanggari Kecamatan Airmadidi dan Desa Maen Likupang Timur, serta program layanan berbasis IT yakni Sistem Informasi Resor Minahasa Utara (SIReMiTa).(Pow)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*