Kamis, 18 Oktober 2018

Sosok Pahlawan Sam Ratulangi Bakal di Filmkan

 

manadomanadoterkini.com, SULUT - Sosok Pahlawan Nasional Indonesia Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi asal Tondano Minahasa atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi bakal difilmkan.

Untuk mewujudkan itu, Senin (1/10/2018) langsung dilakukan acara Launching Produksi Film Sam Ratulangie The Movie yang diinisiasikan oleh Imran Hasibuan dan Michael Umbas di bilangan Megamas.

Tak tanggung-tanggung film tentang Sam Ratulagie ini di produseri oleh produser film Dilan 1990 yang merupakan film drama Indonesia Ody Mulya Hidayat.

Seperti diketahui, film Dilan 1990 yang dirilis pada Kamis, 25 Januari 2018 menjadi film terbanyak kedua yang ditonton masyarakat sepanjang sejarah perfileman Indonesia.

Menurut Imran Hasibuan,diangkatnya film Sam Ratulangi ini untuk mengenang kembali sosok teladan bangsa Indonesia terkait pendidikan dan edukasi yag digelutinya.

“Sudah waktunya kita tahu secara detail sosok Sam Ratulangie, di film akan lebih jelas tentang sosok teladan. Jadi saya kira Sulawesi Utara sangat beruntung karena lebih dulu pergi ke Belanda untuk jadi guru, jadi doktor dan ada kelebihan pak Sam dalam filosofinya yang mengatakan ‘orang belum menjadi manusia sebelum dia mampu memanusiakan manusia’, ini prinsip pak Sam Ratulangie, saya kira itu yang akan diingat lagi, akan dikenang lagi,” jelas

Imran menambahkan film tentang Sam Ratulangi ini juga akan menanamkan nilai-nilai pendidikan (moral), edukasi sertaakan menjadi contoh bagi anak-anak milenial sekarang.

“Skenarionya masih ditulis yah oleh seorang penulis yang berasal dari keluarga Watimena,” katanya.

Sam Ratulangi sendiri adalah seorang politikus, jurnalis, dan guru dari Sulawesi Utara, Indonesia. Ia adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia yang berjuang dengan lebih bnyak menggunakan pemikirannya dari pada fisik. Ratulangi juga sering disebut sebagai tokoh multidimensional.

“Saya akan mencoba kolaboraikan antara edukasi dan entertain,” tegas Ody Mulya Hidayat.

Dia menambahkan untuk pembuatan film Sam Ratulangie ini dirinya akan banyak berdiskusi dengan para nara sumber.

“Saya tertarik dengan perjuangan Sam Ratulangi yang banyak menggunakan ilmunya bagi negara ini,” kata Hidayat.

Sementara itu cucu Sam Ratulangie yang mewakili keluarga Sam Ratulangie, Radian Ratulangie Sugandi menyambut baik akan rencana tersebut. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*