Kamis, 18 Oktober 2018

PD Pasar Manado Uji Coba Parkir Elektronik

manadomanadoterkini.com, MANADO – Perusahan Daerah (PD) Pasar Manado melakukan uji coba parkir elektronik di wilayah Pasar Bersehati tepatnya di depan gerbang pintu masuk.

Uji coba parkir elektronik bagi kendaraan roda dua maupun roda empat diberlakukan selama beberapa hari, selanjutnya akan difungsikan agar pengguna kendaraan tertib, dan tidak ada lagi yang memarkirkan kendaraan disembarang tempat, ujar Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Manado Fery Keintjem SE, saat meninjau langsung di lokasi.

“Mulai hari ini kendaraan roda dua dan roda empat akan parkir melalui portal masuk dan keluar yang telah terpasang, kita berharap tidak ada lagi kendaraan yang akan parkir di area terlarang,” katanya.

Ia mengatakan, parkir elektronik di Manado memang bukan hal baru, karena di sejumlah pusat perbelanjaan juga telah menerapkannya.

Terkait harga parkir juga sama dengan parkir pada umumnya yakni Rp 3 ribu bagi kendaraan roda dua dan 5 ribu untuk roda empat dan berlaku untuk parkir selama beberapa jam.

“Parkir elektronik yang diterapkan berlaku untuk beberapa jam, tidak seperti di parkiran elektronik lainnya yang berlaku untuk jam pertama dan seterusnya. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya tiga ribu rupiah sedang kendaraan roda empat sebesar lima ribu rupiah,” ujarnya.

Keintjem menyatakan, pengawasan keluar masuk kendaraan di kawasan parkir elektronik akan diawasi petugas, sehingga masyarakat tidak perlu takut kehilangan.

“Petugas jukir tidak menagih retribusi parkir, tetapi mereka mengatur lalu lintas, menjaga aset kendaraan masyarakat berupa motor dan helm, serta mengatur keluar masuk kendaran yang akan parkir,” tandasnya.

Penggunaan parkir elektronik lanjutnya, dinilai lebih efektif karena tidak membutuhkan banyak juru parkir.

Ia menambahkan, setelah dilakukan uji coba pemberlakuan parkir elektronik di lokasi Pasar, ada peningkatan pendapatan yang signifikan.

“Setelah dilakukan uji coba kurang lebih 16 jam, terjadi peningkatan pendapatan secara signifikan sebesar 100% ,” tegas Dirut.(angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*