Kamis, 18 Oktober 2018

HUT Kota Bitung Ke 28, Lomban Mantiri Kenakan Pakaian Adat Minahasa

manadoterkini.com, BITUNG – 10 Oktober 2018 merupakan momentun penting bagi Pemerintah maupun masyarakat Kota Bitung, karena dimana pada tanggal 10 oktober merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 28 bagi Kota Bitung.

bitungPemerintah Kota Bitung sendiri di bawah kepemimpinan Wali Kota Maximiliaan Jonas Lomban, SE MSI dan Wakil Wali Kota Ir. Maurits Mantiri, MM, merayakan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Bitung yang ke-28 Tahun lewat beberapa rangkaian kegiatan. Didampingi oleh masing-masing istri tercinta, Lomban dan Mantiri mengenakan pakaian adat Minahasa untuk menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Bitung yang dilaksanakan Pada Pukul 10.00 wita

bitungDalam kesempatan tersebut Lomban mengatakan bahwa pada masa jabatan ditahun 2017, Pemerintahan MaMa mengalihkan fokus pengembangan ekonomi ke Pariwisata karena beberapa kebijakan pusat yang membuat sektor utama perikanan merosot.

“Alhasil di tahun 2017 pariwisata Kota Bitung terlihat sangat menjanjikan dan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kota Bitung naik hingga 6,19% dan yang lebih menggembirakan lagi yaitu sesuai data yang kami peroleh pada bulan Oktober 2018 ini terjadi peningkatan hingga 6,76%,” Ujar Lomban

Usai Rapat Paripurna Istimewa, Pada pukul 16.00 wita Lomban dan Mantiri dengan tetap mengenakan pakaian adat minahasa melanjutkan seraingkaian kegiatan dengan mengikuti upacara bendera di Stadion Duasudara tepatnya di kelurahan manembo nembo, kecamatan Matuari. Lomban sendiri saat itu bertindak sebagai Inspektur Upacara (IRUP).

Dalam sambutannya Lomban mengatakan bahwa dengan berbagai momentum yang ditorehkan dalam pembangunan kota Bitung, tidak lepas dari kerja keras semua pihak baik jajaran Legislatif dan Birokrasi. Pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat kota Bitung. “Termasuk juga dunia usaha yang telah mendedikasikan semua karya dan pengabdian terbaik bagi pembangunan kota Bitung,” katanya

Lewat momentum HUT kota Bitung ke-28, Lomban mengajak semua komponen yang ada di kota Bitung untuk terus meningkatkan sinergitas antara semua komponen bangsa di kota Bitung yang juga merupakan modal besar bagi keberhasilan pembangunan serta mampu menjamin karya pembangunan yang merupakan partisipasi dan milik seluruh anak bangsa, sesuai dengan Tema saat ini “Inovasi dan Kerja Cerdas umontuk Prestasi Menuju Bitung Hebat” yang mampu membangkitkan semangat membangun kota Bitung, tidak hanya sekedar kerja, tapi mampu menciptakan semangat baru dengan berbagai inovasi sehingga tidak statis melainkan bergerak maju dan berkualitas kedepan.

Disela-sela upacara, Pemerintah Kota Bitung menerima Penghargaan dari Menteri Keuangan RI atas Keberhasilan Menyusun dan Menyajikan Laporan Keuangan Tahun 2017 dengan Capaian Opini WTP yang diserahkan langsung Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut.

Lomban juga menyerahkan Surat Keputusan Pensiun bagi para ASN dan juga menyematkan Selempang bagi para lulusan BLCC.

Usai upacara, Lomban Mantiri bersama rombongan bergerak menuju Pelabuhan Perikanan Samudera Kota Bitung, menghadiri acara puncak sekaligus penutupan iven seni dan budaya Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2K18.

Dalam kesempatan tersebut Lomban berterima kasih serta mengapresasi kepada seluruh pihak, baik seluruh jajaran Pemerintah Kota Bitung, penyelenggara FPSL, aparat keamanan dari TNI dan Polri serta seluruh masyarakat kota Bitung yang telah berpartisipasi aktif dalam mensukseskan pergelaran kegiatan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL) tahun 2018, Kokreceived_299904960613218
sehingga berjalan dengan baik, aman dan tertib. “Tahun 2019 nanti pelaksanaan FPSL akan kita buat lebih meriah lagi, Dirgahayu Kota Bitung,” ucap Lomban

Momentum 28 Tahun Kota Bitung pemerintah dan masyarakat patut berbangga, pasalnya memasuki tahun ke 3 di bawah pemerintahan Lomban Maurits berbagai prestasi pun terukir. Seperti di bidang ekonomi, dimana Pemerintah Kota (Pemkot) dinilai mampu meningkatkan perekonomian dari sektor Industri Pariwisata. Sehingga pada 30 Agustus 2018 Wali Kota Bitung Menerima Penghargaan sebagai kepala daerah Inovatif untuk kategori Investasi dan Ekonomi. Dimana penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, DR Soni Sumarsono.

Berbagai prestasi lain juga diraih seperti Adipura, Kota Sehat, Kota Layak Anak hingga pengelolaan laporan keuangan dengan menyabet status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari kementerian Keuangan RI. (Refly/Adve)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*