Kamis, 17 Oktober 2019

Lomban Paparkan Sistem Pengelolaan Keuangan Kota Bitung

manadomnadoterkini.com, BITUNG – Dalam rangka pemantapan proses pengelolaan keuangan di kota Bitung, Pemerintah kota Bitung menggelar rapat. Dimana dalam rapat tersebut dihadiri oleh Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs. Syaifuddin, MM beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban memaparkan secara langsung sistem pengelolaan keuangan kota Bitung.

Lomban mengatakan bahwa pengelolaan keuangan pemerintah kota Bitung dari tahun ke tahun terus dievaluasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Terkait transaksi non tunai, Lomban mengatakan penerapannya sudah dimulai sejak tahun 2007 saat dirinya masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kota Bitung dan maksimalnya penerapan tersebut mulai tahun 2008.

“Sampai sekarang ini penerapan transaksi non tunai di pemkot Bitung sudah mencapai 90%,” katanya

Penerapan hal tersebut dengan maksud meminimalisir terjadinya pungli (pungutan liar) serta dalam rangka transparansi pengelolaan keuangan. Namun ada beberapa transaksi yang pembayarannya masih dilakukan secara tunai seperti penyerahan bantuan sosial. Lantnya

Dalam kesempatan itu, Walikota juga menjelaskan pertumbuhan ekonomi kota Bitung tahun 2014 yang naik hingga 7% namun anjlok hingga 3,5% ditahun 2015 diakibatkan merosotnya sektor perikanan yang menjadi primadona perekonomian kota Bitung karena regulasi Kementrian Kelautan Perikanan RI.

“Untuk memulihkan kondisi perekonomian ini, pemerintah kota Bitung berinovasi berinvestasi di sektor pariwisata, “ ujarnya.

Hal ini membuahkan hasil positif sehingga ditahun 2016 kondisi perekonomian merangkak naik menjadi 5% dan sampai tahun 2018 saat ini sudah mencapai 6,5%.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Asisten Setda Kota Bitung, para pejabat jajaran Pemkot Bitung dan instansi terkait lainnya. (Refly)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*