Kamis, 17 Oktober 2019

Pemprov Sulut Terus Awasi Pemberian Bantuan Bencana di Palu, Sigi dan Donggala

 

manadoterkini.com, SULUT - Kasat Pol PP dan Damkar Sulawesi Utara Steven Liow menegaskan bantuan bencana dari pemerintah, masyarakat serta instansi yang ada di Sulut telah disalurkan di Daerah yang terdampak bencana gempa, stunami dan likuifaksi di Palu, Sigi dan Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng).

sulutHal itu disampaikan Liow bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut usai mengantar dan memonitor langsung bantuan bencana di Palu (Sulteng), Senin (15/10/2018).

“Sebagaimana yang disampaikan pak gubernur (Olly Dondokambey) bantuan ini sebagai kepedulian Pemprov dan masyarakat serta dunia usaha di Sulut terhadap Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala. Bantuan ini diharapkan oleh Gunernur agar diberikan tepat sasaran,” ujar Liow.

Lanjut Liow bantuan sembako dan uang tunai dari Sulut diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Sulteng dan posko-posko rukun yang ada di Palu, Sigi dan Donggala.

Steven Liow menuturkan bahwa saat dilokasi pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk menyalurkan bantuan kepada warga terlebih khusus warga asal Sulut yang berdomisili disana.

“Posko kami berada di Kantor BAPEDA Sulteng. Dari titik kumpul situlah kami berkoordinasi menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan. Bahkan menghimbau kepada warga Sulut agar datang merapat di posko bantuan,” kata Liow.

Bantuqn juga diserahkan langsung kepada Kerukunan Keluarga Kawanua di Palu dan 33 Rukun aktif di Palu dan Donggala.

IMG-20181017-WA0011Ia juga mengatakan kepedulian Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur serta warga Sulawesi Utara diberi apresiasi oleh pemerintah dan warga Sulteng.

“Pemerintah Sulteng memberikan apresiasi yang tinggi dan sangat berterima kasih kepada bapak gubernur dan warga Sulut karena kepedulian dan perhatian yang tinggi bagi warga Sulteng, bahkan dari penuturan mereka bantuan asal Sulut sementara ini yang terbesar yang diterima mereka,” kata Liow.

Sementara itu mewakili warga Kawanua di Palu, Julian Fransisco Kojongian mengungkapkan rasa salut untuk pemerintah dan masyarakat Sulut yang terus membawa bantuan ke Palu.

Liow juga mengatakan bantuan dari Sulut akan terus bertambah mengingat saat ini masih banyak bantuan yang dalam perjalanan lewat jalur lait dan darat.

“Perintah pak gubernur setiap ada bantuan langsung dikirim secepatnya namun bantuan yang jumlahnya besar dikirim lewat angkutan laut dan darat,” tegas Liow yang menyaksikan langsung pembagian bantuan di Sulteng.

Liow mengakui bahwa pihaknya terus berkoordinasi terkait pemberian bantuan asal Sulut dengan BPBD Sulteng dan pengurus kawanua di Palu. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*