Rabu, 16 Oktober 2019

dr Marini : Fogging Bukan Solusi Cegah DBD

mdomanadoterkini, MANADO - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Manado dr Marini Kapojos  menuturkan upaya pencegahan DBD melalui fogging bukanlah solusi terbaik.

Dr. Marini menjelaskan, untuk melakukan fogging diperlukan beberapa tahapan. Selain itu, fogging juga dilakukan jika di wilayah setempat terdapat kasus DBD.

“Harus ada kasus dulu, sesudah itu akan diadakan penelitian epidemiologi (PE) untuk pemeriksaan jentik pada satu wilayah terpapar kemudian sampai pada tahap foging,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa pagi (23/10/2018).

Menurutnya, fogging hanya akan membunuh nyamuk dewasa, tidak menjamin jentik nyamuk akan mati setelah dilakukan fogging.

“Untuk membersihkan telur nyamuk, masyarakat harus rajin membersihkan tempat air tergenang, misalnya bak kamar mandi, vas bunga agar tidak menjadi tempat jentik nyamuk berkembang,”tukasnya.

Ditambahkannya untuk mengantisipasi penyakit DBD, Dinas Kesehatan menyarankan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. (angky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*