Kamis, 17 Oktober 2019

LP2AI Terus Mantapkan Teknik Instruksional Bagi Dosen UNIMA

manadomadoterkini.com, MINAHASA – Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Aktivitas Intruksional (LP2AI) yang notabenya sebagai kompeten dilingkup Univeraitas Negeri Manado (UNIMA), terus mengasah dan memantapkan para tenaga pengajarnya (Dosen, red) UNIMA.

Terkait hal ini, LP2AI UNIMA menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional bagi Dosen Unima yang dilaksanakan di Auditoriun LP2AI sejak 23 Okteber hingga 27 Oktober 2018.

“Adapun pelatihan ini untuk meningkatkan kompetensi (kemampuan dan ketrampilan) profesional dosen UNIMA demi tercapainya kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar mahasiswa,” terang Dr Nova Ch Mamuaya, MM selaku ketua panitia penyelenggaran. Selasa (23/10/2018).

Ditambahkan Mamuaya bahwa sesuai dengan tujuan pelatihan, kompetensi yang akan dicapai setelah selesai pelatihan, peserta mampu memahami teori-teori belajar, motivasi belajar, ketrampilan mengajar, dan lain-lain serta mampu menyusun desain instruksional, Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dan mampu melakukan evaluasi (penilaian) hasil belajar mahasiswa.

“Untuk mencapai kompetensi tersebut, peserta akan mendapatkan materi-materi dari narasumber/instruktur yang berkompeten dari Unima, dengan metode pelatihan diskusi, bimbingan langsung dari instruktur, simulasi, presentasi,” katanya sembari menjelaskan bahwa para narasumber bergelar profesor dan Doktor.

“Produk dari pelatihan ini, peserta membuat dan menyelesaikan tugas menyusun RPS untuk 2 MK, membuat kisi-kisi tes sekaligus butir-butir tesnya baik tes obyektif maupun tes uraian beserta pedoman skoringnya,” ulas Mamuaya,” tutup Mamuaya

Adapun Narasumber dalam pelatihan ini, Ketua LP2AI Dr Ichdar Domu MPd, Dekan FSB Unima Dr Dinal Ratu, MHum, Pembantu Rektor I Prof Dr Deitje Katuuk, MPd, Ketua Panitia Dr Nova Mamuaya MM serta dimoderatori oleh Dr Amstrong Sompotan, MSi. (Media Center UNIMA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*