Minggu, 18 November 2018

Benny Pinontoan Terpilih Sebagai Dekan FMIPA Unsrat

manadomanadoterkini.com, MANADO - Prof Dr Benny Pinontoan terpilih sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat).

Pinontoan sendiri terpilih secara aklamasi, untuk periode 2018-2022, Senin (29/10/2010).

Dihadiri 18 dari 20 anggota Senat, Pinontoan memaparkan Visi, Misi, Strategi serta Program dan Kegiatan yang disaksikan langsung oleh Rektor Unsrat Prof Dr Ir Ellen Kumaat.

Dalam Visinya, Pinontoan mengangkat FMIPA Unsrat sebagai ‘Pilar Utama’ Unsrat yang unggul dan berbudaya. Sementara pada Misinya dia berjanji akan meningkatkan dan membangun Produktivitas, International orientation, Legitimasi dan Ekstensi, Academic atmosphere, Resources, Unit-umit usaha, Tempat dan suasana yang nyaman, Active network, Manajemen dan pelayanan, Apresiasi masyarakat.

“Strategi, pemberdayaan seluruh potensi sumberdaya. Penguatan Jurusan dan Laboratorium sebagai ujung tombak yang efektif. Pemberian insentif dan penghargaan serta pembinaan. Facility sharing, kebersamaan. Quality assurance and control,” papar Pinontoan.

Soal Program dan Kegiatan, ia mengurai sejumlah poin diantaranya, akan meningkatkan produktivitas, peningkatan penelitian dan publikasi internasional, peningkatan kemampuan penyusunan proposal penelitian. pemerataan penelitian sesuai kompetensi, peningkatan mutu penelitian, pemberian insentif bagi penulis publikasi ilmiah terakreditasi atau publikasi ilmiah internasional, penyediaan bahan pembelajaran.

Penulisan buku ajar, bahan ajar, diktat, dan penuntun praktikum. Lalu, penyediaan e-learning terintegrasi dengan website, peningkatan semangat belajar dan prestasi mahasiswa, pengadaan tempat belajar luar kelas bagi mahasiswa, pembenahan fasilitas kelas, pengadaan tutorial center, peningkatan kemampuan mahasiswa dalam berkompetisi, penambahan dan penataan unit-unit kegiatan kemahasiswaan.

“Meningkatkan international orientation, peningkatan ketrampilan Bahasa Inggris, pelatihan Bahasa Inggris bagi dosen dan pegawai, pelatihan Bahasa Inggris bagi mahasiswa, penggalakkan penggunaan Bahasa Inggris, penggunaan Bahasa Inggris dalam perkuliahan, debat/diskusi Bahasa Inggris bagi mahasiswa, peningkatan English Day/English Area,” tuturnya.

Dia juga berupaya meningkatkan legitimasi dan ekstensi Peningkatan legitimasi dan penguatan jurusan/prodi, peningkatan akreditasi, peningkatan fasilitas Prodi, peningkatan fungsi dan peran minat-minat di Jurusan, pelatihan manajemen dan pegawai Jurusan, penguatan Laboratorium, peningkatan fasilitas laboratorium, peningkatan kemampuan manajemen dan pegawai laboratorium, pengupayaan akreditasi laboratorium, pengupayaan akreditasi jurnal, pembentukan prodi-prodi S2, profesi Apoteker dan prodi-prodi strategis seperti aktuari, fisika medik, bio informatika, games.

Selain itu, Pinontoan juga akan meningkatkan academic atmosphere, peningkatan pertemuan ilmiah, pertemuan ilmiah nasional dan internasional yang rutin, studium Generale dan Colloquium rutin pertemuan diskusi topik aktual, perbaikan fasilitas kuliah umum, penyelenggaraan pentas ilmiah/seni/diskusi mahasiswa tiap bulan, penataan kampus dengan asesoris ilmiah, pertemuan dosen-pegawai-mahasiswa, rapat pimpinan dan rapat umum yang rutin, rekoleksi dan rekreasi.

“Saya akan meningkatkan resources, pembenahan perpustakaan, peningkatan kenyamanan dan akses ke perpustakaan, penambahan buku, penempatan fasilitas internet di perpustakaan, langganan e-journal, pembentukan pusat data statistik,” ujar Pinontoan.

Sebagai Dekan terpilih, ia berjanji akan membangun unit-unit usaha seperti pembangunan Koperasi, meningkatkan active network. Peningkatan network dan kerjasama, peningkatan fasilitas ITC, pembuatan website yang profesional, pembardayaan media sosial untuk tracer study.

Diketahui, Pemilihan Dekan FMIPA Unsrat Periode 2018-2022, diikuti calon Ir Feky Mantiri PhD, Meiske Sangi MSi. Pemilihan tersebut dipimpin Ketua Senat FMIPA Unsrat Prof Dr John Kekenusa. (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*