Rabu, 14 November 2018

Gathering Media Massa, Olly Sebut Peran Pers Sebagai Penjaga Keberlangsungan Demokrasi

 

manadomanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE dalam sambutan yang diwakili Kepala Biro Pemerintahan dan Humas, Jemmy Kumendong pada Gathering Media Massa yang dilaksanakan di Manado, Jumat (2/11/2018) mengatakan, Pers memegang peranan penting dalam masyarakat dan merupakan salah satu unsur penting bagi negara dan pemerintahan yang demokratis.

Menurut Olly keberadaan pers memiliki posisi strategis dalam informasi massa, pendidikan kepada publik sekaligus menjadi alat kontrol sosial.

Karenanya, kebebasan pers menjadi salah satu tolok ukur kualitas demokrasi di sebuah negara. Demokrasi akan berkembang dengan baik jika pers juga berkembang dengan baik. Karena itu pers harus menjaga hati nurani untuk menjaga keberlangsungan demokrasi.

“Patutlah kita berbangga dan bersyukur, karena hingga saat ini media massa dan pers sudah semakin maju dan berkualitas. Kebebasan pers dan demokrasi semakin kita rasakan, dimana hal ini turut dikontribusikan oleh kerja keras para media massa,” kata Kumendong saat membacakan sambutan Gubernur Sulut.

Menurut Kumendong, pers yang bebas tidak bisa dilepaskan dari sejumlah tanggung jawab didalamnya.

“Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, memperkokoh persatuan dan kesatuan, membentuk kepribadian bangsa serta mengupayakan keamanan hak pengguna sarana dan prasarana informasi dan komunikasi,” ujar Kumendong.

Lanjut Kumendong, peranan penting dari pers dalam memenuhi hak masyarakat Sulut untuk mengetahui dan mengembangkan pendapatĀ umum, dengan menyampaikan informasi yang tepat, akurat dan benar.

“Hal inilah yang akan mendorong ditegakkannya keadilan dan kebenaran dalam rangka mewujudkan supremasi hukum menuju masyarakat yang tertib,” pungkas Kumendong.

Lebih jauh, Kumendong menerangkan fungsi penting yang bisa dimainkan media massa sebagai media komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat mengenai kebijakan-kebijakan yang akan dan telah ditetapkan.

“Sekaligus juga sebagai sarana input dari masyarakat kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, sehingga mewujudkan komunikasi yang efektif dalam mencapai landasan bagi terjalinnya kerjasama antara masyarakat dan pemerintah,” imbuh Kumendong

Agenda acara kemudian diisi dengan sesi penyampaian materi oleh narasumber Kepala Biro Umum Setda Provinsi Clay June Dondokambey yang menyampaikan materi tentang administrasi dan membahas Unit Layanan Administrasi (ULA) Pemprov Sulut.

Sementara itu Ketua Ikatan Wartawan Online Sulut Victor Rarung menyampaikan materi urgensi media online dan sistematika penulisan.

Ia mengungkapkan, kemajuan teknologi dengan massivenya akses internet telah mengubah cara masyarakat mengonsumsi informasi melalui media massa online.

“Demikian strategisnya peran media online sehingga saya mengajak rekan pers untukĀ  meningkatkan kualitas media online yang dimiliki baik dari materi maupun sistematika penulisan berita,” kata dia.

Diketahui, data per januari 2018, dari populasi tanah air 265.4 juta orang, 132.7 juta orang diantaranya merupakan pengguna internet aktif, dan sebanyak 18% pengguna tersebut mengakses atau membaca berita melalui smartphone.

Acara ini turut di hadiri perwakilan Jurnalis Independen Pemprov Sulut (JIPS). (*/Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*