Jum'at, 14 Desember 2018

DPRD Minsel Segera Lantik Tiga Anggota Baru

manadoterkini.com, AMURANG-Kekosongan tiga kursi anggota legislatif di DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), dalam waktu dekat segera terisi. Gubernur Sulut Olly Dondokambey sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) Pergantian Antar Waktu, bagi Michael Sengkey yang sebelumnya diusung Partai Golkar, Welly Liwe yang sebelumnya diusung Partai Gerindra dan Jonly Ombeng yang sebelumnya diusung Partai Demokrat.

Ketiganya, sesuai keputusan penyelenggara dan hasil perolehan suara Pileg 2014, digantikan Riedel Merentek utusan Partai Golkar untuk Ane Langi Partai Gerindra. Sementara Jonly Ombeng nantinya akan digantikan Butje Aseng dari Partai Demokrat yang ketiganya meraih suara sah kedua terbanyak.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE mengatakan, siap memfasilitasi pergantian antar waktu tersebut. Tinggal melengkapi hal-hal teknis lainnya, serta menyesuaikan dengan agenda kerja rekan-rekan di DPRD.

“Sebelumnya kami tentu mengapresiasi ditindaklanjutinya surat permohonan yang sudah dibalas oleh pak gubernur, segera kita agendakan pelantikannya,” ujar Paruntu.

Hal senada dikatakan, Ketua DPRD Minsel Jenny Johana Tumbuan SE, pihaknya memang masih memiliki agenda yang sudah terjadwal, diantaranya rangkaian pembahasan penyelesaian draf APBD Induk Tahun Anggaran 2019. Setelahnya, mungkin, kata dia agenda pelantikan bisa dilaksanakan.

“Tinggal menyesuaikan dengan proses penyelesaian pembahasan APBD Induk Tahun 2019. Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita laksanakan,” tukasnya.

Hal tersebut juga dibenarkan Sekretaris DPRD Minsel Lucky Tampi SH. Dia menyebutkan, sesuai PP 12/2018, Pasal 114 ayat (2), menyatakan prosedur pelantikan Pergantian Antar Waktu tidak lebih dari 60 hari pasca dikeluarkannya surat keputusan dari pemerintah provinsi.

“Tinggal menunggu kesiapan baik eksekutif dan pimpinan DPRD. Karena pimpinan DPRD kan yang mengambil sumpah nantinya,” singkatnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*