Jum'at, 14 Desember 2018

Rp 43 M Dandes Tahap III Untuk 167 Desa di Minsel Segera Dicairkan

manadoterkini.com, AMURANG-Untuk Penyaluran Dana Desa (Dandes) tahap tiga pada 167 desa di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) dalam waktu dekat ini akan segera dicairkan.
Pasalnya, pelaporan Dandes tahap II lebih dari 70 persen sebagai salah satu syarat pengajuan dandes tahap III sudah rampung.
“Laporan Dandes tahap II untuk 167 Desa di Minsel sudah 77 persen sedangkan syarat untuk pencairan tahap III 70 persen laporan, jadi Desa yang sudah rampungkan laporan Dandes segera menikmati Dandes tersebut,” ujar Kepala Dinas PMD Minsel Drs Efert Poluakan kepada manadoterkini.com Kamis (22/11).
Dia menambahkan, pencairan Dandes tahap III ini untuk 167 desa di Minsel sekira Rp 47 miliar. “Pencairan Dandes tahun ini tahap I 20 persen, tahap II 40 dan tahap III 40 persen. Jadi akan cair bulan ini untuk tahap III sekira Rp 47 miliar. Senin ini kami ajukan pencairan, akhir bulan dicairkan. Tiap desa menerima Dandes bervariasi paling kecil Rp 660 juta dan paling besar Rp 980 juta,” ujarnya lagi.
Dalam pencairan Dandes kali ini, Poluakan berharap agar Dandes dikelola hukum tua dengan baik. Khususnya merealisasikan program-program prioritas.
“Ada empat program prioritas berasal dari Dandes yaitu Prukades atau produk unggulan desa, Embungdes, BUMDes dan sarana prasarana olahraga desa. Dari seluruh desa belum ada yang merealisasikan empat program sekaligus, Embungdes dari seluruh desa di Minsel belum ada yang buat. Sarana prasarana olahraga di Minsel banyak yang sudah ada dan sementara pembangunan. Untuk BUMDes semua sudah buat sedangkan Prukades baru beberapa desa,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*