Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Soal Sampah Plastik, Ini Penjelasan Kadis DLH Manado

×

Soal Sampah Plastik, Ini Penjelasan Kadis DLH Manado

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, MANADO – Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado mengingatkan warga tentang sampah plastik. Warga Kota Manado diingatkan agar tak membuang sampah sembarangan. Apalagi sampah plastik yang tercemar di laut sudah sangat memprihatinkan.

Kepala DLH Manado Yohanis Waworuntu meminta warga agar tak membuang sampah sembarangan. Sebab percuma pemerintah melaksanakan program, tapi tak ada kesadaran pada masyarakat.

DLH Manado punya program kubus apung di lima anak sungai yang bermuara ke laut. Kubus ini untuk menahan agar sampah tak sampai ke laut.

Menurut Waworuntu, setiap hari ada petugas yang membersihkan sampah di kubus tersebut. “Masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya. Jangan buang sembarangan. Pemerintah berupaya semaksimal mungkin, tapi kalau tak ada dukungan dari masyarakat, itu akan sulit,” ujarnya.

Data di Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado, produksi sampah per jiwa setiap hari mencapai 2,064 meter kubik. Jumlah penduduk sesuai data capil 516.154 jiwa. Itu artinya total produksi sampah setiap hari 412,9 ton per hari.

Jumlah sampah yang terangkut ke TPA Sumumpo 1.680 meter kubik per hari, sesuai daya tampung fasilitas dum truk milik Pemkot. Saat ini ada total ada 81 dum truk yang sementara beroperasi.(tim)