Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanMinahasa Selatan

Temui Bupati, Dirjen Imigrasi Berencana Buka Kantor Baru di Kabupaten Minsel

×

Temui Bupati, Dirjen Imigrasi Berencana Buka Kantor Baru di Kabupaten Minsel

Sebarkan artikel ini

imigrasimanadoterkini.com, AMURANG – Direktorat Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) berencana membuka kantor imgrasi di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Hal itu disampaikan oleh Dirjen Imigrasi Ronny Franky Sompie saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Minsel. Dikatakan Ronny, pembukaan kantor imigrasi baru itu semata-mata agar masyarakat lebih mudah mendapat pelayanan keimigrasian.

“Saat ini kantor imigrasi kelas I Manado melayani beberapa Kabupaten/Kota yang tidak hanya ada di wilayah Sulawesi Utara (Sulut) dan sekitarnya saja, karena pasti banyak keterbatasan. Bagaimana kalau kita buka kantor perwakilan imigrasi di wilayah Kabupaten Minsel, nanti akan di pusatkan di Amurang, sehingga terbagi pelayanannya tidak di Kota Manado saja,” kata Sompie saat kunker di Minsel yang diterima langsung Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wabup Franky Donny Wongkar SH diruang kerja Bupati.

Mantan Kapolda Bali itu mengungkapkan jika pembukaan kantor imigrasi di Minsel sangat membantu masyarakat. Mengingat masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mengurus ijin keimigrasian seperti, paspor dan visa.imigrasi

“Kalau kantor perwakilan keimigrasian ini terwujud, akan memudahkan sekali masyarakat yang akan mengurus ijin keimigrasian, seperti pembuatan paspor haji, umrah, Tenaga Kerja Indonesia (TKI), berwisata maupun yang tugas belajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE menyambut baik inisiatif Dirjen Imigrasi untuk membuka kantor di Kabupaten Minsel. Bupati juga sudah menyiapkan beberapa opsi jika kantor imigrasi jadi dibuka di Minsel. “Kita akan membantu dengan menyediakan tempat pelayanan. Sedangkan tenaga ahli dan peralatan dari keimigrasian,” jelasnya.

Senada dengan Dirjen Imigrasi, Sanusi juga menganggap jika ada kantor imigrasi di Kabupaten Minsel bisa sangat membantu masyarakat, khususnya wilayah Minsel dan sekitarnya seperti Kabupaten Mitra dan Bolmong Raya.(dav)