Sabtu, 15 Desember 2018

Selang Lima Tahun, 109 Warga Minsel Idap Penyakit HIV/AIDS

manadoterkini.com, AMURANG-Salah satu penyakit mematikan didunia ancam nyawa warga Minahasa Selatan (Minsel). Bahkan, selang lima tahun terakhir, Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan virus Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS), tercatat sekira 109 warga Minsel terjangkit penyakit tersebut.
“Sekira lima tahun berjalan ini terlaporkan 109 orang terserang AIDS dan bir HIV ada 29 orang. Sementara untuk pengidap yang meninggal belum kami telusuri karena setiap ada pasien yang diduga terjangkit langsung kita ajukan untuk perawatan tahap selanjutnya ke RSUD Prof Kandouw Manado,” kata Kadis Kesehatan Minsel dr Erwin Schouten.
Dia menjelaskan, HIV dapat drastis menurunkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan penyakit, bakteri, virus, dan infeksi lainnya menyerang tubuh. Tidak seperti virus lainnya, tubuh tidak bisa menyingkirkan HIV sepenuhnya. Sementara AIDS adalah kondisi yang paling parah dari penyakit HIV, itu ditandai dengan munculnya penyakit lain, seperti kanker dan berbagai infeksi, yang muncul seiring dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh.
“Untuk tahun 2018 ini, ada satu pasien yang baru dilaporkan mengidap HIV dari Kecamatan Amurang. Laki-laki berumur 20 tahun dan memang kebanyakan pasien sudah berumur 20 tahun ke atas,” beber Schouten.
Untuk itu, dia menghimbau masyarakat Minsel terus menjaga pola hidup sehat, khususnya masalah seksual.
“HIV tertular selain dari aktivitas seksual, penggunaan jarum suntik lebih dari satu kali, jarum tatto juga bisa menjadi media terjangkitnya HIV/AIDS. Jadi pola hidup yang merupakan titik utama terhindar dari penyakit mematikan ini,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*