Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Pemprov Sulut Ajak Masyarakat Sama-Sama Cegah Penyebaran Penyakit DBD

×

Pemprov Sulut Ajak Masyarakat Sama-Sama Cegah Penyebaran Penyakit DBD

Sebarkan artikel ini

 

minselmanadoterkini.com, SULUT – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulut mengajak kepada semua lapisan masyarakat yang ada di daerah bumi Nyiur Melambai untuk bersama-sama mencegah penyebar luasan penyakit DBD.

Kepala Dinas Kesehatan Sulut dr. Debby Kalalo, Msc PH saat jumpa pers, Selasa )8/1/2019) mengingatkan agar masyarakat rutin menerapkan tiga langkah pencegahan (3M Plus) penyakit DBD yakni menguras tempat penyimpanan air, menutup tempat penampungan air, membuang dan menutup barang bekas yang dapat menampun air.

Selain itu juga, pencegahan alternatif penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti dapat dilakukan dengan memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi, tidak menggantung pakaian dalam kamar dan menaburkan bubuk larvasida pada penampungan air.

Disis lain dr. Debby Kalalo mengatakan penanganan DBD harus cepat karena itu merupakan momok menakutkan.

“Jangan setelah ada kejadian baru melakukan atau bergerak melakukan pencegahan. Kalau hanya melakukan fogging itu tidak akan maksimal, karena bersifat sementara dan hanya membunuh nyamuk DBD tapi tidak untuk jentik-jentiknya. Selain itu jika kebanyakan fogging bisa berdampak pada keracunan melalui pengasapan,” terang Kalalo.

Dengan memaksimalkan program 3 M, Kalalo menambahkan agar masyarakat tak lupa mengganti vas/pot bunga, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk serta menggunakan “obat” nyamuk. (Rizath)