Selasa, 20 Agustus 2019

Awali Colorfull Bitung 2019, Pemkot Gelar Budaya Tulude Februari Mendatang

 

manadomanadoterkini.com, BITUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung dibawah kepemimpinan Wali Kota Max Lomban dan Wakil Wali Kota Maurits Mantiri 1 februari 2019 mendatang akan menggelar acara adat/budaya Tulude. Penyelenggaraan budaya Tulude sendiri bekerjasama dengan IKKSAT Kota Bitung.

Disamping itu juga gelaran budaya Tulude sendiri mengawali serangkaian dari Colorfull Bitung tahun 2019, yang memang sudah masuk dalam Calender of event Pemkot Bitung.

Tulude sendiri merupakan upacara ucapan syukur masyarakat Sangihe atas berkat yang diberikan Tuhan ditahun sebelumnya dan mulai menyongsong kehidupan yang lebih baik ditahun yang akan datang. “Kegiatan ini akan dilakasanakan oada 1 februari mendatang berlokasi di destinasi wisata baru “Pantai Sari” tepatnya di kelurahan menembo nembo, kecamatan Matuari dan dimulai pukul 14.00 wita sampai selesai,” ujar Pingkan Kapoh Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung saat Konpers bersama awak media di ruang VIP Pemkot Bitung. Senin (28/01/2019)

Menurutnya, kegiatan akan diawali dengan parade kue tamo yang akan diarak menuju lokasi kegiatan diiringi dengan beragam sajian kesenian etnis Sangihe seperti tari gunde dan sajian musik perkusi tagonggong. “Ada juga pameran mini terkait budaya sangihe dan beragam bentuk pertunjukan budaya seperti tari Salo Masamper serta kuliner khas budaya Sangihe yang nantinya gratis bagi pengunjung,” katanya

Sebelumnya Wali Kota Bitung Max Lonban mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari implementasi Bitung Bahari Berseri sebagai salah satu jurus pembangunan Kota Bitung dalam sektor Pariwisata. “Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi selain mencritakan Kota Bitung sebagai Kota wisata unggulan di Provinsi Sulawesi Utara.

Diketahui berbagai rangkaian Colorful Bitung tahun 2019 adalah Tulude Festival, 100th Anniversary Tangkoko Nature Reserve, Pekan Raya Bitung, Kolintang Festival, Bitung Music Fest, Ramadhan Parade, Tuna Festival, Carnival Kemerdekaan, Kuala Girian Festival, Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL), Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Sulawesi Utara, Malam Kilas Balik & Konser Tahun Baru 2019. (REFLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*