Selasa, 20 Agustus 2019

Tumbelaka : BSG Harus Lakukan Evaluasi Internal

manado

Taufik Tumbelaka

manadoterkini.com, SULUT - Hengkangnya Kabupaten/Kota di Sulut dari Bank SulutGo, ditanggapi pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka.

Menurutnya BSG peru melakukan evaluasi ke dalam dan proaktif memperkuat komunikasi dengan Bupati/Walikota agar terjadi kesepahamaman.

“Suara-suara ketidakpuasan kepada pelayanan BSG sudah cukup santer terdengar. Jika hal ini tidak mendapat perhatian khusus maka BSG bisa terancam ditengah ketatnya persaingan perbankan,” ujarnya.

Tumbelaka menyarankan agar Bank SulutGo dapat segera melakukan evaluasi ke dalam terkait permasalahan yang sedang dihadapi oleh Bank SulutGo karena ini bukan semata-mata faktor suka atau tidak suka.

“Kalau mau melihat gejala ini berarti sebaiknya BSG melakukan evaluasi ke dalam, karena ini bukan semata-mata faktor suka atau tidak suka, tetapi ini merupakan faktor ketidakpuasan atau faktor kekecewaan,” jelasnya.

Direktur Tumbelaka Academic Center (TAC) ini juga menyarankan agar permasalahan ini jangan dipolemikkan, akan tetapi dievaluasi kedalam, jika ada kekurangan segera komunikasikan apalagi dalam hal pelayanan.

“Jadi hal ini ada baiknya tidak usah dipolemikkan, akan tetapi dievaluasi kedalam kalau ada kekurangan, lakukanlah komunikasi terutama pelayanan. Apalagi persaingan perbankan sekarang ketat tidak bisa hanya mengandalkan Previlage atau hak istimewa saja,” paparnya.

“Jadi, jangan dulu sejumlah pihak menyalahkan pihak yang meninggalkan, tetapi pihak yang ditinggalkan juga instrospeksi internal ada apa? Kenapa, kalau ada rasa memilki mungkin lebih memilih karena dia besar dan lahir di Sulut,” tambahnya.

Lanjutnya, walaupun BSG milik Sulut namun jangan sampai terjebak di zona nyaman karena selalu mendapat hak istimewa.

“Gunakan hak istimewa sebagai “vitamin penguat” bukan kemanjaan posisi tawar terhadap Kabupaten/Kota,” imbunya.

Untuk itu Tumbelaka berharap semua Pemkab/ Pemkot tetap bersama BSG. “Setidaknya memberi kesempatan BSG berbenah dalam 6 bulan ke depan karena BSG punya hubungan emosional historis sangat kuat dengan perjalanan Sulut dan Gorontalo,” pungkasnya.(mlz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*