Selasa, 20 Agustus 2019

Karnaval Figura di Manado, Tradisi yang Patut Dilestarikan

Karnaval Figura Kunci Taong Jadi Perhatian Warga

SEMARAK acara Karnaval Figura dalam rangka kunci taon mencuri perhatian warga Kota Manado, termasuk turis mancanegara. Seperti yang dilakukan warga Kecamatan Tikala dan Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang. Kegiatan  tersebut dibuka dan dihadiri langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut.

kunco taong

Walikota GSVL mengatakan acara Figura merupakan kearifan local yang sudah menjadi tradisi turun-turun yang patut dilestarikan.

manado

“Sudah seharusnya kita memelihara tradisi yang ada dan mewariskan kearifan tersebut kepada generasi mendatang. Sebuah tradisi turun temurun yang patut dilestarikan,” ujar Wali Kota GSVL.

GSVL : Manado Rumah Kita Bersama

kunci taong

ACARA figura dalam rangka kunci taon tak lepas dari akar sejarah. Dimana kota Manado merupakan rumah besar bagi siapa saja yang datang dan tinggal.

“Manado rumah kita bersama. Dimana keberagaman budaya, agama, etnis, dijalani dalam kerukunan dari para leluhur kota Manado sampai turun temurun,” jelas mantan Ketua APEKSI ini.

Figura di Tikala Baru Curi Perhatian Warga

KARNAVAL Figura diadakan di Lorong Glory Kelurahan Tikala baru, Kecamatan Tikala dimeriahkan beberapa lingkungan, dibuka langsung Walikota Manado GS Vicky Lumentut didampingi Sekretaris Daerah Micler Lakat, Kamis (31/01/2019) mencuri perhatian warga.

kunci taong

Untuk itu, Walikota GSVL mengajak masyarakat untuk hidup dengan baik, saling menolong, hidup dalam kerukunan, membuat kota Manado menjadi lebih baik.

“Marijo torang hidop bae-bae, baku-baku tulung deng baku-baku bae, antar warga dan umat beragama, marijo torang taru kira beking bagus torang pe kota Manado, karena sejak dahulu, kota Manado menjadi contoh terbaik hidup rukun dan toleransi” tutup orang nomor satu di kota Manado.(***)

Walikota GSVL Usulkan Figura Jadi Calendar of Tourism Event

KARNAVAL Figura Kunci Taong yang dilaksanakan di Kelurahan Mahakeret Barat Kecamatan Wenang, Sabtu (26/1/2019) lalu, sudah menjadi agenda tahunan warga.

kunco taong

Makanya, Walikota GS Vicky Lumentut, meminta dapat dikolaborasikan dengan Pemkot Manado, sehingga bisa diagendakan menjadi menjadi Calendar of Tourism event atau Kalendar iven Pariwisata lewat Dinas Pariwisata.

“Kegiatan ini sangat bagus, dimintakan dapat berkolaborasi dengan Pemerintah kota Manado sehingga bisa diagendakan menjadi Calendar of Tourism event atau Kalendar iven Pariwisata lewat Dinas Pariwisata sehingga Figura menjadi iven yang bukan hanya dilaksanakan di Mahakeret Barat tapi di seluruh kota Manado,” terang Walikota pilihan rakyat ini.

kunco taong

Dalam kesempatan tersebut Walikota GSVL mengucapkan selamat atas penyelenggaran Karnaval Figura 2019, bersyukur karena kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik, selamat bagi Panitia dan seluruh masyarakat yang ada di Kelurahan Mahakeret Barat.

“Saya memberikan apresiasi, dengan harapan kegiatan ini boleh dipelihara terus, kalo boleh ditetapkan rutin menjadi tempat bertemu, maka orang-orang Mahakeret yang sudah di luar Daerah boleh datang dan kegiatan ini menjadi ajang pertemuan,” ujarnya.

Walikota Berpesan Jaga Kota Manado Aman dan Bersih

WALI KOTA Vicky Lumentut meminta seluruh masyarakat menjaga kota Manado tetap aman, dan lebih bersih.

kunco taong

“Saya sengaja pakai baju ini kemanapun, bertuliskan Manado bersih jangan buang sampah sembarangan, karena Manado diberikan predikat kota Terkotor, padahal yang kotor bukan kotanya tapi Tempat Pembuangan Akhir (TPA),” tegasnya.

Lanjut Walikota, kondisi TPA sekarang tidak bisa diikutsertakan dalam Adipura diakibatkan menumpuknya sampah banjir bandang 2014 membuat TPA menjadi bukit padahal sebelumnya jurang, sampah membludak akibat banjir bandang yang kita alami.

manado

“Alasan itulah yang membuat kita tidak bisa mendapat Adipura, kecuali TPA tersebut dipindahkan, dan kita sedang membuat TPA Regional di Minut yang akan selesai 2 sampai 3 tahun mendatang. Tapi yang paling utama adalah kota Manado harus bersih,” pungkas Walikota Vicky Lumentut mengajak masyarakat agar membuat kota Manado bersih.(Liputankhusus)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*