Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Manado

Studio Big Data Pemkot Manado didukung Citra Satelit Resolusi Tinggi dari Lapan

×

Studio Big Data Pemkot Manado didukung Citra Satelit Resolusi Tinggi dari Lapan

Sebarkan artikel ini
manado
Kaban Liny Tambajong saat menerima Citra Satelit resolusi tinggi dari Lapan untuk memperkuat studio big data Pemkot Manado

manadoterkini.com, MANADO – Studio Big Data Pemkot Manado didukung Citra Satelite Pleiades 2018 Resolusi Sangat Tinggi dari Lapan. Peta Citra Satelit diterima Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kota Manado DR Liny Tambajong didampingi Kabid PIPW Olvi Mangindaan, saat mengikuti Rapat Koordinasi Nasional Citra Satelit Penginderaan Jauh Tahun 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (30/1/2019). “Peta Citra Satelit ini digunakan untuk updating dan pengembangan Big Data Kota Manado,”ujar Tambajong.

Salah satu produk yang dihasilkan oleh studio Big Data adalah PANADA (Portal Analisis Data) Berbasis Peta, yang merupakan hasil kerja sama antara Kepala Lingkungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah.

Portal ini memberikan informasi mengenai status kependudukan, pajak dan perizinan dalam sekali klik bidang hasil digitasi.

Kaban Bapelitbangda Dr Liny Tambajong menjelaskan bahwa Studio Big Data Kota Manado juga merupakan tempat yang sangat tepat bagi mahasiswa yang ingin melaksanakan kerja magang ataupun KKN. “Di situ kami menerima mahasiswa yang berbasis IT serta SIG (Sistem Informasi Geografis),” ujarnya.

Aplikasi PANADA Berbasis Peta ini adalah aplikasi ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik. Melalui aplikasi ini pelayanan publik lebih terjangkau dengan sistem online. Seperti studio jaringan Big Data, dimana pengumpulan semua data di Kota Manado dilakukan secara elektronik.

Kepala lingkungan akan turun lapangan dan mengidentifikasi satu per satu data rumah per rumah di Kota Manado. Pala harus mengumpulkan data sesuai format pengisian profil kepada masyarakat. Data kemudian kumpul di kelurahan, kemudian input lewat smartphone atau komputer.

“Dengan kemajuan ini, aparatur pemerintah di Kota Manado, camat, lurah dan kepala lingkungan harus mampu beradaptasi dengan teknologi dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat secara transparan,” ujar Tambajong.(aldi)