Jum'at, 26 April 2019

Pendaftaran Dibuka Secara Online, Unsrat Siap Tampung 5.100 Maba

 

manadomanadoterkini.com, MANADO – Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA menyatakan, kampusnya saat ini sudah membuka pendaftaran secara online dan siap menampung 5.100 mahasiswa baru (Maba).

Hal itu disampaikan Ellen Kumaat saat melakukan jumpa pers di gedung Rektor, Jumat (8/2/1019).

“Unsrat akan menerima 5.100 mahasiswa dari 46 program studi S1. Sedangkan S2 dan S3 relatif. Kami ingin sampaikan agar orang tua atau calon mahasiswa bisa mendaftarkan langsung (secara) online,” jelas Kumaat.

Lanjut Rektor, para siswa yang nantinya ingin melanjutkan studi S1 nya di Kampus kebanggaan Sulawesi Utara itu baiknya segera mendaftarkan diri secepatnya, berhubung pendaftaran Maba Unsrat masih dibuka hingga 14 Februari 2019.

Menurut Kumaat mekanisme pendaftaran di Unsrat sendiri terdiri dari tiga jalur. Yang pertama melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kedua melalui tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan jalur mandiri atau Bidikmisi.

Kumaat menambahkan jika calon mahasiswa sudah mendaftar di SNMPTN, dan sudah difinalisasi, tidak bisa mengundurkan diri. Jadi, bila ingin memilih lewat jalur SBMPTN sebaiknya siswa tidak mendaftar di SNMPTN.

Sementara jika siswa sudah melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN 2019, data sudah tidak dapat diubah, termasuk pilihan program studi (Prodi) sudah tidak dapat diubah.

“Jadi pikirkan dengan matang tentang pilihan prodi sebelum melakukan finalisasi,” pesan Ellen Kumaat.

Pada tahap pendaftaran SNMPTN sendiri para siswa calon Maba melakukan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS), selanjutnya pemeringkatan melalui LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) melalui
sistem.

Pendaftaran SNMPTN bagi yang memenuhi syarat dan masuk dalam pemeringkatan.

Siswa juga dapat melakukan pilihan PTN dan Program Studi. Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN dan pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya (dua) program studi dalam satu PTN atau dua PTN selanjutnya tinggal menunggu pengumuman bersama kelulusan hasil SNMPTN di PTN.

Pada tahap Pendaftaran SBMPTN, para siswa dapat melalukan
pendaftaran ke sistem LTMPT mengisi biodata (kecuali bagi yang sudah mendaftar SNMPTN).

Sementara untuk jadwal pelaksanaan SNMPTN, SBMPTN dan jalur mandiri yaitu dimulai dengan pegisian dan verifikasi PDSS tanggal 4-25 Januari.

Pendaftaran SNMPTN dimulai 4 hinggah 14 Februari. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 23 Maret.

Pada pendaftaran SBMPTN dari 1 Maret hingga 1 April. Pelaksanaan SBMPTN 13 April – 26 Mei serta penggumumannya paling lambat 10 hari setelah pelaksanaan SBMPTN.

Sementara untuk pendaftaran SBMPTN akan dimulai pada 10-24 Juni dan pengumuman hasil seleksi
SBMPTN 9 Juli 2019. (Rizath)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*