Minggu, 17 November 2019

Puncak Festival Tangoko, Wali Kota Bitung Resmikan Monumen Alfred R. Wallace

Bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Pada Puncak Festival Tangkoko, Wali Kota Bitung Max Lomban meresmikan monumen Alfred Rusel Wallace. Kamis (21/02/2019) bertempat di Cagar Alam Tangkoko tepatnya kelurahan Batu Putih Atas, Kecamatan Ranowulu.

Peresmian Monumen ini sendiri merupakan rangkaian dalam Festival Tangkoko. Dimana Cagar Alam Tangkoko di kota Bitung hari ini tepat berusia 100 Tahun.

Dalam sambutannya Wali Kota menjelaskan pada hari ini tepatnya 100 tahun lalu, Pemerintah Hindia Belanda menetapkan Tangkoko sebagai salah satu Cagar Alam yang dilindungi di Indonesia. Kini 100 tahun kemudian, Pemerintah Kota Bitung menggelar peringatan acara 100 Tahun Cagar Alam Tangkoko.

“Pria berkebangsaan Inggris ini (Alfred Wallace, red) berjalan di hutan ini, lebih dari 150 tahun yang lalu ketika belum ada jalanan, hanya hutan. Dia adalah ilmuwan dan ahli biologi yang hebat, lebih dari itu dia adalah pria yang berkomitmen dengan keanekaragaman hayati,” ujar Wali Kota

Lanjutnya Wallace juga selain tokoh lingkungan, juga mengeluarkan yang namanya Wallace Line dan Wallace Area. Wallace Line membagi Indonesia jadi 2 wilayah besar, Sumatera, Jawa, dan Kalimantan ke Benua Asia, serta Sulawesi ke Timur ke Benua Australia.

“Patung Wallace ini juga bisa menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Cagar Alam Tangkoko. Patung ini bahkan diberikan chip yang bisa di-scan wisatawan agar memperoleh informasi soal Wallace dan juga Cagar Alam Tangkoko,” kata Lomban

Tutup Lomban bahwa Patung Wallace dibuat oleh seniman bernama Hendra Susanto. Traveler bisa melihat patung Wallace ini jika berkunjung ke Cagar Alam Tangkoko.

Turut hadir dalam peresmian ini Paul Smith, Direktur British Council Indonesia, Wiratno, Dirjen KSDA Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta masyarakat Kota Bitung. (REFLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*