Rabu, 20 November 2019

Atasi Potensi Kerawanan, Bawaslu Minsel Perketat Pengawasan di Desa dan Kelurahan

 

manadoterkini.com, AMURANG - Potensi kerawanan di desa dan kelurahan menjadi sasaran peningkatan pengawasan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa Selatam (Minsel). Basis politik di Desa dan Kelurahan dinilai menjadi salah satu potensi kerawanan yang perlu diawasi secara ketat.

“Untuk itu Pengawas Pemilu Desa (PPD) dan Kelurahan merupakan ujung tombak pengawasan ditingkat bawah. Tugas kerja mereka sangat penting untuk mengawas kelancaran Pemilu di desa dan kelurahan. Apalagi pemilu sudah di depan mata, sehingga penting bagi mereka (PPD) dibekali dengan kemampuan yang baik,” ujar Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem.

Hal senada, disampaikan Komisioner Bawaslu Minsel Divisi Hukum dan Penindakan Franny Sengkey. Dia mengungkapkan, dalam bimtek bagi jajaran pengawas di tingkatan desa dan kelurahan sangat penting.

“Para PPD dan pengawas kelurahan harus mampu untuk fokus mengawasi semua stakeholder. Tidak saja ASN, ataupun aparatur pemerintah desa dan kelurahan. Tetapi juga mereka akan mengawasi para penyelenggara seperti KPPS juga harus diawasi kerja-kerja mereka. Tidak lupa juga harus bisa turut mengawasi di tempat ibadah hingga fasilitas pendidikan,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*