Minggu, 17 November 2019

Pesta Adat Tulude, Komitmen GSVL-MOR Kota Pariwisata

Pemkot Manado Sukses Gelar Pesta Adat Tulude 2019

pesta adat tulude

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut memberikan sambutan pada pesta Adat Tulude tahun 2019 yang digelar IKISST di lapangan Sparta Tikala

PEMKOT MANADO sukses gelar Pesta Adat Tulude di Lapangan Sparta Tikala Manado, Kamis (14/02/2019). Upacara adat Tulude bagi masyarakat etnis Nusa Utara yakni Sangihe, Sitaro dan Talaud merupakan warisan dari pendahulu/leluhur yang masih dilestarikan serta dirayakan hingga sekarang ini.

Acara sakral dan riligi ini, menjadi bagian dari kehidupan masyarakat sehingga telah terpatri dalam adat, tradisi juga budaya masyarakat Sangihe, Sitaro dan Talaud, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam penyertaannya bagi kehidupan masyarakat.

pesta adat tulude

Kegiatan ini didahului dengan prosesi arakan Kue Tamo yang dibawah dari gedung Gereja Sentrum Manado, sebelum diarakan ke lokasi acara lapangan Sparta Tikala, oleh pasukan adat serta para pentua adat terlebih dahulu di doakan oleh Hamba Tuhan.

“Sejatinya perayaan gelar adat Tulude merupakan wujud ungkapan syukur kepada Tuhan yang telah menyertai berjalan kehidupan kita semua, dari tahun yang lalu dan menapaki tahun yang baru ini, kita mohon pertolongan Tuhan guna pemeliharaanNya dalam setiap kehidupan kita,” ujar Walikota Manado DR. Ir GS Vicky Lumentut, SH, MSi, DEA.

pesta adat tulude

Gelar adat Tulude mempunyai tujuan, untuk mempromosikan budaya serta memperkuat ketahanan nasional sekaligus mendukung wonderful indonesia serta memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

“Harapan kita bersama agar lewat gelar adat Tulude Kota Manado ini akan terbangun masyarakat yang religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai moral, sosial dan toleransi,” terangnya.(*)

 

Sambil Nyanyi, GSVL-MOR Goyang Masamper Dengan Ribuan Warga Nusa Utara

pesta adat tulude

WALI KOTA Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor D Bastiaan disegani ribuan masyarakat Kota Manado asal Nusa Utara. Pasalnya, dalam perhelatan acara adat Tulude, Kamis (14/2) bertempat di Lapangan Sparta Tikala, keduanya begitu menyatu dengan warga saat goyang masamper sambil bernyanyi.

Dengan wajah tersenyum, Walikota Vicky Lumentut menerangkan bahwa Manado yang merupakan kota tujuan wisata di Sulawesi Utara, harus terus melakukan pembenahan baik dalam segi pelayanan maupun infrakstruktur.

pesta adat tulude

“Pengembangan potensi seni dan budaya yang menjadi daya tarik para wisatawan asing maupun lokal yang nantinya akan berwisata di kota Manado ini. Sebab itu, dalam perayaan adat Tulude ini merupakan sebuah kebahagiaan yang luar biasa. Kita semua senang dan menikmati acara ini,” jelas Walikota Vicky Lumentut.

Wali Kota GSVL, sangat mengapresiasi potensi seni budaya di kota Manado sangat besar. Sebab itu, perlu dikembangkan sebagai daya tarik pariwisiata, termasuk seni dan budaya asal Nusa Utara, seperti Tulude, Masamper, serta tarian adat lainnya yang masih perlu diangkat bersama.

pesta adat tulude

“Itu semua guna menopang Manado sebagai destinasi ekowisata berbasis keragaman budaya,” ujar Walikota GSVL usai goyang Masamper.

 

Tulude 2019 Sukses, IKISST Apresiasi GSVL-MOR

pesta adat tulude

KEPEMIMPINAN Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Bastiaan (MOR) terkait pembangunan daerah yang kaya akan suku budaya, banjir apresiasi.

Kali ini datang dari masyarakat Nusa Utara, memberi pujian dan ucapan terima kasih kepada GSVL-MOR, karena telah menyukseskan acara adat Tulude 2019. Bahkan ramai dipadati pengunjung baik dari masyarakat Nusa Utara yang sudah menetap di Kota Manado maupun masyarakat bukan asli Nusa Utara.

pesta adat tulude

Prosesi upacara pemotongan kue tamo

Seperti yang disampaikan Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe, Sitaro dan Talaud (IKISST) Urbanus Naharia, menyampaikan terima kasih, sebab acara adat Tulude masuk agenda tahunan Pemkot Manado.

“Terima kasih pak Walikota dan Wakil Walikota yang sudah menetapkan budaya adat Tulude dalam agenda tahunan Pemkot Manado adalah seuatu hal yang sangat istimewa. Terutama menjadi salah satu ujung tombak promosi pariwisata Pemkot Manado,” ujar Naharia.

pesta adat tulude

Tambahnya, acara Tulude saat ini sangat meriah dan dan dinikmati oleh seluruh masyakat Nusa Utara yang hadir maupun warga lainnya yang ada di lokasi acara.

“Nantinya, kekururangan dari pagelaran acara ini akan kami mantapkan dan sempurnakan pada Tulude 2019 mendatang. Dimana semua adat dan budaya yang ada di manado akan kami tampilkan untuk memeriahkan acara ini,” sambung Naharia.(*)

 

Tulude Masuk Agenda Tahunan Pemkot Manado

pesta adat tulude

WALI KOTA Manado GS Vicky Lumentut mengatakan turut bangga masyarakat Manado, asli Nusa Utara, terlihat sangat senang mengikuti acara ini.

pesta adat tulude

“Acara adat tulude kami sudah masukan dalam agenda tahunan Pemkot Manado. Sebab, Tulude ini bagian dari merah putih dan pantas untuk dilestarikan. Untuk itu kita semua warga Kota Manado mari torang baku-baku bae, baku sayang dengan baku jaga. Jaga kedamaian dan budaya kita untuk tetap dilestarikan. Buktikan kalau manado ini aman dan damai, seperti label Kota Manado saat ini sebagai kota toleran,” tandas Walikota Vicky Lumentut.

pesta adat tulude

Dalam acara Tulude tersebut turut didoakan antar tokoh agama serta hadir beragam penampilan seni budaya, seperti musik Qasidah, Barongsai, Vokal grup Gereja, koor dan masamper.(Liputankhusus)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*