Minggu, 17 November 2019

Pemkot Manado Terima Penghargaan SAKIP Predikat BB

Banjir Prestasi, GSVL-MOR Terus Tingkatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja
manado

BERKAT pimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan, pemerintah kota (Pemkot) Manado banjir prestasi.

Terbaru, lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) yang melakukan evaluasi atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018, dan Pemkot Manado diberikan capaian dengan predikat BB.

manado

Acara penyerahan hasil evaluasi akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah III Tahun 2018 itu diserahkan langsung oleh Menteri PAN-RB Drs Syafruddin bertempat di Ballroom Hotel Four Points, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/2/2019).

Walikota Vicky Lumentut yang diwakili Wakil Walikota Mor D Bastiaan mengucapkan terima kasih untuk jajaran di Pemkot Manado dan juga pihak Kemenpan-RB yang melalui hasil evaluasinya memberikan predikat BB.

manado

“Puji Tuhan, Pemerintah Kota Manado menerima Hasi Evaluasi SAKIP oleh Kementerian PAN-RB dengan Predikat BB. Ini membanggakan bagi kita tetapi juga menjadi pekerjaan rumah untuk terus meningkatkan sistem akuntabilitas kinerja,” tandas Wawali Mor, sambil mengingatkan Kepala Perangkat Daerah untuk lebih maksimal, agar tahun 2019 ini Pemkot Manado bisa mengalami peningkatan dengan predikat A.

Untuk evaluasi ini Kota Manado berada dalam Wilayah III yang didalamnya mencakup Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

 

Manado Masuk 9 Kabupaten/Kota Berpredikat BB, Dievaluasi Dari 186 Pemda di Wilayah III

manado

HASIL pemeriksaan dan evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 untuk Wilayah III, yang terdiri dari 186 Pemerintah Daerah. Pemerintah Kota Manado masuk 9 besar, kabupaten/kota dengan predikat BB.

Hal itu dibuktikan dengan penyerahan penghargaan SAKIP yang diserahkan langsung oleh Kemenpan-RB Syafruddin dan diterima Walikota Vicky Lumentut melalui Wakil Walikota Mor Bastiaan.

manado

Diumumkan ada 4 pemda memperoleh predikat ‘A”, yakni Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Sleman, tiga-tiganya dari DIY, serta Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Data lain, dari 186 pemda di wilayah III, terdapat 1 Kabupaten/Kota dengan predikat ‘D’, 47 Kabupaten/Kota dengan predikat ‘C’, 59 Kabupaten/Kota dengan predikat ‘CC’, 55 Kabupaten/Kota berpredikat ‘B’, 9 Kabupaten/Kota berpedikat ‘BB’, dan 3 Pemerintah Kota yang berpredikat A.

Kemudian untuk data hasil evaluasi SAKIP pada pemerintah provinsi ditunjukkan dengan seluruh provinsi sudah mendapatkan predikat B ke atas. 8 Pemerintah Provinsi dengan predikat “B”, 1 Pemerintah Provinsi berpredikat “A”, dan 1 Pemerintah Provinsi berpredikat “AA”.

manado

Pemda yang mendapat predikat “BB” yakni, Kabupaten Wonogiri (Jateng), Kabupaten Cilacap (Jateng), Kota Pekalongan (Jateng), Kabupaten Banyumas (Jateng), Kabupaten Gunung Kidul (DIY), Kota Yogyakarta (DIY), Kabupaten Bone Bolango (Gorontalo), Kota Manado (Sulut) serta Kabupaten Banggai (Sulteng).

Dari hasil itu, Kota Manado dengan predikat SAKIP ‘BB’ menandakan kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan patut diacungi jempol. Sebab selain sukses mempertahankan capaian SAKIP di tahun 2017, untuk SAKIP 2019 kepada jajaran di Pemkot Manado dimintakan oleh Wawali Mor untuk lebih ditingkatkan maksimal, agar bisa mencapai SAKIP berpredikat A.(Liputankhusus)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*