Jum'at, 22 November 2019

Rencana Pembangunan Kota Manado Harus Ramah Lingkungan

manadoterkini.com, MANADO – Setelah menyelesaikan musrenbang di Kelurahan dan Kecamatan, Bapelitbangda Kota Manado mengelar forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020, Selasa (26/02/2019).

RKPD manado

forum konsultasi publik rancangan awal RKPD tahun 2020

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut, SH, M.Si, DEA yang diwakili Wakil Walikota Mor D Bastiaan, SE, membuka secara resmi forum strategi tersebut. Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kota Manado Tahun 2020 merupakan bagian dari perencanaan pembangunan daerah, yang mencakup Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJPD) untuk jangka waktu 20 Tahun, Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) dan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) untuk jangka waktu satu Tahun.

Sehingga ada kesinambungan antara pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang, supaya kita membangun dengan bervisi jauh kedepan. Untuk mewujudkan visi itu dilakukan dari sekarang, yaitu dengan konsultasi publik. Adapun Tema Rencana Kerja Pemerintah Daerah RKPD Kota Manado Tahun 2020 adalah  “Peningkatkan Sumber Daya Manusia dan Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Kota Yang Ramah Air.

Tema ini berselaras dengan Tema Tingkat Provinsi yakni pemantapkan SDM yang berkualitas dan peningkatkan pemerataan infrastruktur, serta berselaras pula dengan Tema di tingkat Nasional, yaitu peningkatan SDM untuk pertumbuhan berkualitas.

manado

Laporan Kepala Bapelitbangda Manado Liny Tambajong

Walikota dalam sambutan, yang disampaikan Wakil Walikota , menegaskan /Smart City/ begins with smart /people. Pembangunan kota cerdas dimulai dari membangun masyarakat- masyarakat cerdas, yang matang secara intelektual, emosional, sosial dan spiritual, sehingga dapat beradaptasi dan berakselerasi dengan kemajuan zaman. Ada dua pilar penting untuk itu yakni pendidikan dan kesehatan serta akselerasi pembangunan infrastruktur kota yang ramah air.

“Pembangunan yang ramah lingkungan serta pelestarian alam sekitar tempat tinggal kita agar tetap hijau dan terpelihara dengan baik. Ini harus menjadi perhatian kita semua, sehingga dalam forum ini peserta mengikuti konsultasi publik dengan mindset yang berlandaskan pemahaman dan kesadaran untuk menjaga kelestarian lingkungan perkotaan kota. Kita menjaga alam, alam menjaga kita,” terang Mor membacakan sambutan Walikota GSVL.

Dan berharap dari kegiatan ini, ada data informasi terbaru dalam rangka penyempurnaan rancangan awal RKPD tahun 2020. Masukan, usulan, saran dan pertimbangan dari kegiatan ini akan menjadi bahan masukan penyusunan RKPD Kota Manado Tahun 2020.

RKPD

Foto bersama Wawali Mor Bastiaan para Asisten serta Kepala Bapelitbangda Prov Sulut Recky Toemanduk

Tampil sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu Assisten Ekonomi dan Pembangunan dr. Robby Mamoto yang membawakan materi tentang Penegakan Perda, dan Akademisi Mercy Rampengan, PhD yang membawaskan materi tentang Paradigma Resiko Bencana.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh perangkat daerah, para assisten, staff ahli, camat, forum anak kota Manado, LPM, BKM, FKDM, Karang Taruna, BKSAUA, FKUB, Tokoh masyarakat, Akademisi, Tokoh Agama, Komda Lansia, Pers, dan Kotaku.(aldi)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*