Senin, 25 Maret 2019

Bupati Minsel Hadiri Rakornas Perpustakaan Tahun 2019

manadomanadoterkini.com, AMURANG-Bupati Minahasa Selatan (Minsel) Christiany Eugenia Paruntu SE menghadiri Rakornas tahun 2019 dengan tema “Pustakawan Bekarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” di Birawa Hall Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Kehadiran Bupati pada Rakornas yang dibuka Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Lucky Tampi SH.

Dalam sambutannya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, mandiri, dan mampu berdaya saing di era global.

“Salah satu peran penting tersebut ialah membangun ekosistem masyarakat berpengetahuan (knowledge based society),” ujarnya.

Lanjut Dia, perpustakaan memiliki peran penting dengan upaya mewujudkan ekosistem masyarakat yang berpengetahuan, perpustakaan mengusung rencana strategis untuk penguatan literasi masyarakat yang dilaksanakan melalui transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando dalam laporannya mengatakan Rakornas dihadiri sekitar lebih kurang 3.000 peserta.

Terdiri dari pimpinan daerah, kepala dinas maupun staf perpustakaan tingkat provinsi, kabupaten/kota, perpustakaan tingkat universitas maupun sekolah, pegiat literasi, hingga berbagai jenis perpustakaan di Indonesia.

Di sela-sela kegiatan, Bupati Minsel menyatakan bahwa, pembangunan sumber daya manusia atau SDM jadi prioritas pembangunan nasional, dan posisi literasi menjadi strategis untuk meningkatkan kesejahteraan dan daya saing.

“Dimana dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019, penguatan literasi menjadi salah satu prioritas yang mendukung prioritas nasional pembangunan manusia melalui kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar,” ujarnya.

Ditambahkannya, di Rakornas tahun ini juga akan digelar sesi paralel yang membahas isu-isu strategis mengenai pengembangan perpustakaan sekolah, perpustakaan pendidikan tinggi, perpustakaan umum, dan perpustakaan daerah.

“Sehingga, kita menyambut baik langkah dilakukan pemerintah pusat dalam menaikkan minat baca di masyarakat, karena membaca itu sangat penting bagi masyarakat,” tandasnya.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*