Jum'at, 5 Juni 2020

Minahasa Didorong Jadi Kabupaten Cinta Pustaka

manadomanadoterkini.com, TONDANO – Mewakili Bupati Minahasa Ir Royke Oktavianus Roring MSi (ROR), Asisten Administrasi Umum Hetty Rumagit SH hadir dan membuka sosialisasi pemasyarakatan minat dan kebiasaan membaca untuk mendorong terwujudnya masyarakat pembelajar.

Pada kesempatan tersebut, Rumagit mengatakan bahwa kemajuan teknologi informasi telah membajiri masyarakat dengan berbagai informasi yang terkadang berisi hoax.

Karenanya, Masyarakat cerdas harus sanggup memilah-milah mana informasi yang benar atau hoax. “Ketinggalan informasi berarti sama dengan mundur beberapa langkah, itulah sebabnya kita berusaha mendorong pembangunan sektor informasi ini agar lebih berdayaguna dan berhasil guna untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Rumagit, Rabu 27/03 tadi.

Itulah sebabnya Pemerintah Kabupaten Minahasa mendorong dengan sekuat tenaga dan daya setiap upaya dalam rangka pengembangan minat dan budaya baca masyarakat sebagai salah satu kiat membangun mental spiritual masyarakat.

Hal ini sejalan dengan nawacita Jokowi-JK yakni melakukan RevolusinMental. Salah satu kiat perubahan yang dapat dilaksanakan yakni dengan membangun budaya baca masyarakat. “Kita yang masih jauh tertinggal dibandingkan negara lain di kawasan ASEAN. Menyadari pentingnya eksistensi perpustakaan dalam masyarakat, tekad Pemerintah Kabupaten Minahasa adalah mewujudkan Minahasa sebagai kabupaten cinta pustaka dan gemar membaca,” jelasnya.

Untuk mewujudkanya, Rumagit mengataķan kalau ada sejumlah langkah yang akan dilakukan. Karenanya ditahun 2019 ini penyelenggaraan perpustakaan desa di Minahasa diharapkan semakin ditingkatkan.

“Pelatihan bagi tenaga teknis pengelolaan perpustakaan desa, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan umum dilaksanakan secara berkesinambungan. Dengan visi terwujudnya Minahasa cerdas melalui gemar membaca dengan memberdayakan perpustakaan. Kedepan kita harapkan Kabupaten Minahasa akan punya gedung perpustakaan yang representatif,” pungkasnya. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*