Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanBitungEdukasi dan Religi

Di Unsrat, Lomban Paparkan Prospek Kota Bitung Tahun 2025

×

Di Unsrat, Lomban Paparkan Prospek Kota Bitung Tahun 2025

Sebarkan artikel ini

Bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Kota Bitung adalah Lokomotif pembangunan di Provinsi Sulawesi Utara dulu, saat ini dan masa yang akan datang. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban dalam Orasi Ilmiah tentang Prospek Kota Bitung di Tahun 2025 pada kegiatan Temu Alumni Program Studi Magister Sumber Daya Pembangunan Angkatan 1992-2019 Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado yang digelar di Gedung Pasca Sarjana, Selasa (26/03/2019).

Lomban juga memaparkan sejarah terbentuknya kota Bitung serta perkembangannya dari tahun ke tahun di semua bidang baik ekonomi, infrastruktur dan berbagai potensi yang tersimpan didalamnya.

“Posisi kota Bitung yang sangat ideal untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia Bagian Timur karena berada tepat di bibir Pasifik serta ditetapkannya Tiga mega proyek Nasional di Bitung yakni International Hub Port, Kawasan Ekonomi Khusus dan Pembangunan jalan Tol Manado-Bitung pun dijelaskannya secara lengkap,” ujar Lomban.

Lomban pun tak menampik jika dalam perkembangannya kota Bitung mengalami beberapa permasalahan seperti menurunnya pertumbuhan ekonomi akibat kebijakan pemerintah pusat yang keliru disektor perikanan yang menjadi tonggak penunjang ekonomi di Bitung sehingga memicu meningkatnya angka pengangguran karena beberapa pabrik pengolahan ikan berhenti berproduksi.

“Menghadapi situasi tersebut Pemerintah Kota Bitung tidak pasrah dengan keadaan yang ada, lanjut Lomban, tapi mulai berinovasi dengan potensi yang ada untuk membangkitkan kembali perekonomian salah satunya ialah penguatan sektor Pariwisata yang sampai saat ini berkontribusi positif dalam pertumbuhan ekonomi kota Bitung dalam dua tahun terakhir,” katanya

Lomban berharap kedepan Pelabuhan Bitung nantinya adalah satu-satunya International Hub Port bagian Timur Indonesia, karena hanya ada dua di Indonesia, terealisasinya bandara Logistik di Kota Bitung sehingga menjadi Pintu gerbang perekonomian Indonesia di Asia Pasifik.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Rektor Drs. T. Gosal, M.Si, Perwakilan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Unsrat serta Instansi terkait lainnya. (REFLY)