Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Raker SRAK, “Bunda Khouni” Paparkan Penurunan Populasi Macaca Nigra

×

Raker SRAK, “Bunda Khouni” Paparkan Penurunan Populasi Macaca Nigra

Sebarkan artikel ini

 

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Duta Yaki Indonesia Dra Khouni Lomban Rawung, MSi atau biada disapa Binda Khouni hadir dalam Rapat Kerja (Raker) Finalisasi Draft Strategi Rencana Aksi dan Konservasi (SRAK) Monyet Hitam Sulawesi (Macaca Nigra) yang digelar di Hotel Salak The Heritage, Bogor Tengah. Kamis (28/03/2019)

Raker tersebut juga dihadiri Dra Indra Exploitasia, MSi sebagai Direktur konservasi Keanekaragaman Hayati dan Prof Gono Semiadi sebagai peneliti.

Dalam Raker tersebut Bunda Khouni menyampaikan bahwa Macaca Nigra merupakan satwa primata endemik Sulawesi Utara. Spesies ini menempati habitat hutan hujan tropis primer dan sekunder di beberapa lokasi disemenanjung utara Pulau Sulawesi dan beberapa pulau satelitnya.

“Salah satu di antara lokasi tersebut adalah Cagar Alam (CA) Tangkoko-Batuangus, yang terletak di Kecamatan Ranowulu Kota Bitung, Sulawesi Utara. Kawasan seluas 3.196 ha ini ditetapkan sebagai cagar alam berdasarkan atas SK Gubernur Nomor 6 Stbl 1919 tanggal 12 Februari 1919,” ujar Bunda Khouni

Kepala Sekolah Lingkungan Kota Bitung ini juga mejelaskan tentang Populasi monyet hitam di CA Tangkoko-Batu Angus telah mengalami penurunan hingga 75% sejak tahun 1979 akibat perusakan habitat dan aktivitas perburuan.

“Mengingat populasinya yang terus menurun, maka spesies ini dilindungi oleh Pemerintah Indonesia melalui SK Menteri Pertanian Nomor 421/Kpts/Um/8/1970. yang menyebut nama spesies ini sebagai Cynopithecus niger. Monyet hitam Sulawesi oleh IUCN dikategorikan sebagai spesies yang genting (endangered) dan oleh CITES dicantumkan dalam Apendix II,” tukasnya

Ketua TP PKK Kota Bitung pun berharap lewat kegiatan ini ada output yang baik dalam rangka terus menjaga dan memelihara keberlangsungan hewan endemik khas kota Bitung ini. (REFLY)