Rabu, 3 Juni 2020

Rakor Penanggulangan Kemiskinan Kota Bitung 2019, Ini Kata Mantiri

 

Bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Wakil Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, MM menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan Kemiskinan Kota Bitung Tahun 2019 di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Bitung. Jumat (29/03/2019)

Dalam kesempatan tersebut Mantiri mengatakan bahwa Kemiskinan merupakan hal yang menjadi momok dalam penyelengaraan pembangunan Indonesia selama ini, termasuk juga halnya dalam pembangunan di Kota Bitung. Secara umum kemiskinan di Kota Bitung pada tahun 2017 sekitar 6.62 persen dan mengalami kenaikan hingga mencapai 6,67 persen atau sekitar 14,34 ribu jiwa. “Berbagai program telah dan sedang diupayakan oleh Pememrintah dalam mengatasi persoalan kemiskinan yang meliputi berbagai bidang yaitu Pendidikan, Kesehatan, Infrastruktur dan Pengembangan Ekonomi Kerakyatan,” Ujar Mantiri

Lanjutnya, dalam upaya menurunkan angka kemiskinan tersebut maka Pemerintah telah menetapkan Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan sebagai salah satu prioritas pembangunan di tahun 2020. Program ini sangat penting untuk benar-benar dapat diterima dan dinikmati oleh masyarakat yang berada di garis kemiskinan.

Berkaitan dengan program ini, Mantiri menghimbau kepada seluruh perangkat daerah teknis yang berkaitan untuk fokus dan bersinergi, kepala-kepala kecamatan agar memperhatikan kondisi masyarakat, dilengkapi dengan data kemiskinan yang ada di wilayahnya, sehingga program yang telah dikoordinasikan lewat pihak kecamatan bisa tepat sasaran.

:Saya berharap gerakan penanggulangan kemiskinan ini tidak hanya dilakukan oleh pemerintah saja tetapi juga memerlukan keterlibatan dari semua pihak. Dukungan dan kerjasama dari Pemerintah, dunia usaha, perbankan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan seluruh masayarakat perlu ditingkatkan lagi sehingga setiap program penanggulangan kemiskinan tersebut dapat dilakukan secara menyeluruh, terpadu, dan ditangani dengan baik serta berkelanjutan. Dalam artian dari tahun ke tahun jumlah orang miskin bisa semakin berkurang,” pungkasnya

Turut hadir, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bitung Wenas Luntungan, SH, MH, Kepala Dinas Sosial Kota Bitung Steven Suluh,S.STP, Ketua PKH (Program Keluarga Harapan) Provinsi Sulawesi Utara Noldy Mangerongkonda, S,Pt, Perwakilan Polres Bitung, Perwakilan BPJS Kesehatan Kota Bitung, Korkot PKH Kota Bitung, Perwakilan Korkot KOTAKU, Perwakilan Sekolah BPS Kota Bitung, dan instansi terkait lainnya. (REFLY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*