KPU Bitung Gelar Simulasi Pemungutan Dan Perhitungan Suara Pemilu 2019

manadoterkini.com, BITUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bitung Sabtu (23/03/2019) menggelar Simulasi Pemungutan Dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak tahun 2019, bertempat di Balai Kelurahan Tendeki Kecmatan Matuari.

bitung

Simulasi ini sendiri dilaksanakan di TPS Dua, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 268 pemilih. Simulasi ini dimulai tepat pukul 07.00 Wita sesuai dengan jadwal pelaksanaan Pemilu tanggal 17 April nanti, dan diawali dengan pengambilan sumpah janji anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Bitung

Ketua KPU Kota Bitung, Deslie Sumampouw, SE mengatakan bahwa simulasi ini memberikan gambaran secara akurat segala hal teknis pada saat pemungutan dan penghitungan suara dengan harapan tahapan Pemilu 2019 bisa berjalan lancar.

Simulasi ini juga menurut Deslie, bertujuan agar Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) lebih paham tata cara dan pelaksanaan pemungutan suara pada tanggal 17 April mendatang.

Bitung

“Juga menunjukkan kepada para saksi Parpol soal tahapan serta mekanisme serta posisi pengaturan TPS sesuai dengan yang telah ditetapkan,” katanya.

Sementara itu, Komisioner KPU Devisi Teknis dan Penyelenggara Idhli Ramadhiani Fitriah mengatakan bahwa simulasi ini mengacu pada Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Jadwal Tahapan sebagaimana diubah terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 32 Tahun 2018, Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilihan Umum, Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Pedoman Perilaku Penyelenggara Pemilihan Umum.

Bitung

Meskipun hanya simulasi, namun antusias warga yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS patut diapresiasi yang sudah mengantri menunggu panggilan masuk ke TPS sebelum pukul 07.00 Wita hingga mengikuti proses perhitungan.

Bitung

Turut hadir dalam simulasi ini Komisioner KPU Bitung Divisi Hukum Syarifudin Hs serta Kapolres Bitung, AKBP Stefanus Michael Tamuntuan, Kepala Kesbangpol Pemkot Bitung, Jefry Sondakh, Kepala Satpol PP Pemkot Bitung, Adri Supit serta Lurah Tendeki, Ivone Hermawan. (REFLY / ADVETORIAL)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan