Kaban Liny : Renja PD harus berdasarkan prioritas pembangunan

renja
Arahan dan penyampaian materi oleh Kepala Bapelitbangda Dr Liny Tambajong ST MSi

manadoterkini.com, MANADO – Penyusunan program dan kegiatan perangkat daerah dalam penyusunan Renja PD harus disusun berdasarkan prioritas pembangunan. Demikian pernyataan Kepala Bapelitbang Kota Manado, Dr. Liny Tambajong saat memberi arahan dan materi pada kegiatan verifikasi rancangan renja, Rabu (27/03) di Ruang Rapat DPRD Kota Manado.

“Program prioritas RKPD Kota Manado 2020 pertama peningkatan kualitas layanan pariwisata, penegakan upaya mitigasi dan adaptasi bencana, peningkatan layanan infrastruktur dasar perkotaan, dan terakhir peningkatan layanan social,” jelas Tambajong.

Selain itu, perangkat daerah harus menguasai indikator-indikator kinerja utama dalam RPJMD.

“Dalam RPJMD terdapat IKU yang berjumlah 44 indikator, perangkat daerah yang hadir saat ini harus tahu bahwa ada indikator yang harus dicapai oleh masing-masing PD,” terang Liny.

“Tantangan yang dihadapi oleh Pemkot Manado yaitu masih kurangnya pemahaman perangkat daerah terkait indikator-indikator RPJMD yang harus dicapai melalui program dan kegiatan,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya Revisi RPJMD tahun ini, merupakan kesempatan yang baik bagi SKPD untuk dapat merumuskan dan menguasai dengan sebaik-baiknya indikator yang harus dicapai oleh Perangkat Daerah.

“Ini sudah tahun ke-3 dan memasuki tahun ke-4 RPJMD, melalui Bapelitbang Pemkot Manado sedang melakukan revisi RPJMD, nanti kami akan melaksanakan Forum RPJMD, kami harapkan kepala PD dan kasub program agar hadir untuk membahas indikator-indikator mereka,” ujar Kaban Liny.

Lanjutnya Kota Manado menghadapi 3 permasalahan utama yaitu banjir/longsor, sampah, dan macet. Harap Kaban Liny perangkat daerah yang terkait permasalahan ini dapat menyerap dengan mencari program dan kegiatan yang dapat mengurangi permasalahan tersebut.(*/aldi)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.