Senin, 16 Desember 2019

Selang 2018, Tomohon Koleksi 68 Kasus Kekerasan Pada Anak

manadoterkini.com, TOMOHON - Tingkat kenyamanan dan keamanan pada anak di Kota Tomohon perlu diperhatikan. Pasalnya, meski mencatatkan penurunan dari jumlah kejadiannya, jalannya kelangsungan hidup anak masih dihantui sejumlah kasus-kasus kekerasan. Baik fisik, seksual hingga verbal. Tahun 2018 lalu, kurang lebih 68 kasus kekerasan menimpa anak-anak di Kota Tomohon.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(P3A) Daerah Kota Tomohon dr. Olga Karinda, berbagai kasus menyangkut kehidupan anak-anak terjadi sepanjang tahun lalu.

“Mulai dari kekerasan fisik, mental, penelantaran dan lain-lain,” ungkap Karinda.

Lanjut Dia, upaya menekan angka kekerasan tersebut. Mencari dilakukan pihaknya, dengan menggandeng sejumlah organisasi. Baik swasta maupun bentukan atas inisiasi Dinas P3A Kota Tomohon.

“Ada satgas dan organisasi yang langsung kita terjunkan untuk berkoordinasi dengan pihak penegak hukum. Ada pendampingan bagi anak-anak putus sekolah, korban keluarga yang tidak harmonis hingga korban penelantaran,” ujarnya.

Sementara itu Akademisi sekaligus Aktivis Perlindungan Anak  DR. Ruth Umbase, M.Hum mengatakan,  berdasarkan penelitian di lapangan. Mayoritas pelaku kekerasan adalah orang dekat dari korban. Ataupun murni karena minimnya pengawasan anak, utamanya di luar rumah dan jam sekolah.

“Bisa diperhatikan lebih lagi, dengan siapa anak kita bermain dan bergaul. Karena predator anak itu ada di mana-mana. Khusus untuk anak usia remaja, diupayakan sedari dini untuk diedukasi soal pendidikan seks, jangan malu dan tabu lagi. Ini tugas dan tanggungjawab kita sebagai orang tua,” katanya.

Dia menambahkan, dari rentang usia yang sering jadi korban. Yakni, usia remaja 8-14 tahun, serta sejumlah kasus juga menimpa anak balita.

“Pemerkosaan terhadap bayi yang dilakukan pamannya sendiri hingga meninggal. Maka dari itu kita semu harus lebih berhati-hati lagi dan lindungi anak dari konten-konten pornografi.” tutupnya.(sem)

Berikut Data Kasus Kekerasan Terhadap anak Kota Tomohon :

Kekerasan Fisik    24

Psikis                     3

Seksual                33

Eksploitasi             0

Penelantaran        5

Trafficking             0

Lainnya                 2

Total                     68

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*