Selasa, 17 September 2019

ROR : Tim Kesehatan dan Damkar Siaga di 25 Kecamata

manadomanadoterkini.com, TONDANO - Mengawal hasil serta menjamin kesehatan para penyelenggara Pemilu 2019, Bupati Minahasa Ir Royke Oktavianus Roring MSi (ROR) dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RD) menginstruksikan dua instansi menyiagakan personilnya di 25 kecamatan. Dua instansi tersebut masing-masing Dinas Kesehatan dan Dinas Pemadam Kebakaran.

Bersiaganya personil dua instansi tersebut di setiap lokasi pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil Pemilu di tingkat kecamatan memiliki peran penting untuk menjamin tidak terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Saya sudah instruksikan kepada Dinas Damkar agar menempatkan beberapa personil di setiap kantor kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa, dengan membawa peralatan pemadam, selama masa pleno rekapitulasi surat suara berlangsung,” kata Bupati ROR, lewat siaran pers Humas Pemkab Minahasa, Selasa 23/4 tadi.

“Begitu juga dengan tenaga medis dari Dinas Kesehatan. Mereka harus siap di lokasi pelaksanaan pleno. Supaya semua penyelengara tingkat kecamatan, saksi dan personil pengamanan langsung dilayani jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambah Bupati.

Terpisah, Kadis Damkar Minahasa Alexander Mamesah mengatakan, disetiap kecamatan ditempatkan tiga hingga lima personil di kantor kecamatan. “Setiap personil dibekali dengan alat pemadam kebakaran. Selain itu ada mobil kebakaran yang ditempatkan dibeberapa tempat,” kata Mamesah.

Kadis Kesehatan Minahasa, dr Yuliana Kaunang menambahkan, pihaknya telah menempatkan 22 tim kesehatan dari puskesmas di setiap kecamatan, yang terdiri dari dokter dan perawat. “Setiap kecamatan ada satu dokter dan dua perawat untuk memberikan pelayanan rutin kepada penyelenggara dan pengamanan selama pleno rekapitulasi perhitungan surat suara,” ungkap Kaunang. (fis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*