Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Lomban : Optimalkan Lahan Pekarangan Untuk Menghasilkan Pangan

×

Lomban : Optimalkan Lahan Pekarangan Untuk Menghasilkan Pangan

Sebarkan artikel ini

manadomanadoterkini.com, BITUNG – Penting bagi setiap Rumah Tangga untuk dapat mengakses pangan dengan mudah dengan memanfaatkan sumber daya atau aset yang dimiliki antara lain Pekarangan Rumah.

Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban pada Sosialisasi Pemanfaatan Pekarangan di Aula Secata Dodik kota Bitung, Jumat (26/04/2019).

Menurut Lomban, Pangan tidak hanya dihasilkan dari luasan lahan yang besar, pekarangan rumah juga mampu menyediakan kebutuhan tersebut. Hanya saja butuh pengetahuan dan informasi bagi masyarakat tentang bagaimana cara pengelolaanya sehingga memberi nilai tambah bagi ketersediaan pangan dan gizi yang aman dan bermutu untuk kebutuhan keluarga.

“Masih banyak masyarakat yang belum benar-benar memahami hal ini, terbukti di kota Bitung masih terdapat lahan pekarangan rumah yang tidak di manfaatkan untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan,” jelasnya.

Dilanjutkannya, di era saat ini dimana Teknologi berkembang dengan sangat pesat bukanlah hal yang sulit mewujudkan kebutuhan pangan walaupun kecil namun kontinu, aman dan berkualitas. Lewat informasi dan pengetahuan yang akan disampaikan saat ini nantinya akan ada ilmu tentang budidaya tanaman, pengendalian hama serta bagaimana mengkolaborasi teknologi dalam memasarkan hasil pangan tersebut.

Menurut Lomban kegiatan Pemanfaatan Pekarangan melalui kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) telah di lakukan di kota Bitung sejak tahun 2013, mengingat keberadaan kota ini yang didominasi kawasan perumahan.

“Lewat program ini (KRPL, red) telah memberikan Multiplier efect karena selain menyediakan pangan untuk kebutuhan keluarga juga mampu memberi nilai ekonomi ketika hasilnya mampu dipasarkan dengan baik ditambah pemandangan halaman rumah yang terlihat Asri, teratur Indah dan Nyaman,” Tutup Lomban (REFLY)